Sistem Pertanian Minapadi Diminati Petani Muda Bantul

KBRN, Bantul : Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul melaksanakan panen Minapadi di Kelompok Tani Maju, Padukuhan Semampir, Kalurahan Argorejo, Sedayu, Rabu (29/9/2021).

Wakil Bupati mengapresiasi upaya Kelompok Tani Maju mengembangkan sistem Minapadi ini, sekali panen tidak hanya panen padi saja tetapi juga panen ikan.

"Sistem pertanian Minapadi ini, sangat menguntungkan para petani, bilamana harga padi anjlok masih tertopang dengan hasil ikan," kata Joko B. Purnomo.

Di Bantul sendiri sampai saat ini ada 4 kapanewon yang telah mencoba sistem pertanian Minapadi, yakni di Sedayu, Sewon, Imogiri dan Piyungan hal ini tentunya sesuai dengan kondisi lapangannya, seperti letak geografis dan ketersediaan airnya.

Wakil Bupati mengatakan, di dalam sistem pertanian Minapadi ini mengandung unsur edukasi bagi anak-anak, selain bercocok tanam tapi juga memelihara ikan.

Dengan Minapadi ini, para petani juga mengurangi penggunaan pupuk karena kotoran dari ikan otomatis menjadi pupuknya sekaligus mengurangi hama tanaman.

Ada hal yang menarik pada sistem pertanian Minapadi ini, dulu yang biasa menanam padi di sawah hanya bapak ibu petani, kini anak cucu petani ikut nimbrung membantu mengelola Minapadi.

"Hal tersebut tentunya sangat menggembirakan, sekarang banyak generasi muda (petani muda) kembali ke sawah, tentunya juga berkat perkembangan teknologi pertanian dan sistem Minapadi ini,” tambah Wakil Bupati Bantul. (jos).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00