Gunakan Varietas Padi Sidenuk, Warga Imogiri Sukses Terapkan Mina Padi

KBRN, Bantul : Warga Kanten, Kebonagung, Imogiri, Bantul menggelar panen raya mida padi pada Kamis (16/09) siang. Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Anggota Komisi VII DPR RI, Gandung Pardiman, dan Asisten Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, Hardi Julendra.

 Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan sektor pertanian merupakan unggulan di wilayah tersebut. Karena menjadi kontribusi kedua setelah industri dalam pendapatan kotor daerah. Sehingga di Bantul menjadi prioritas dalam pembangunan jangka menengah dan panjang. Begitu juga di kawasan Kebonagung ini yang memang menjadi sentra pertanian organic dan semi organic.

“PR bagi kelurahan Kebonagung, agar sawah-sawah yang dimiliki oleh masyarakat ini tetap terawat, jangan ada alih fungsi yang tidak perlu ,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sasono Catur, Wagiyana yang mengembangkan mina padi ini mengatakan, saat ini ada lima hektar sawah yang menggunakan sistem ini. Dengan varietas khusus yang tahan air dari BRIN, Sidenuk. Kedepan pihaknya berencana untuk mengembangkan lahan mina padi ini lebih luas lagi karena dari hasil uji coba panen ubinan hasilnya cukup memuaskan.

“Ini juga mengurangi penggunaan pupuk ya, karena Cuma dipupuk sekali, setelah dimasukin ikan tidak perlu dipupuk lagi, ada kotoran dari ikannya itu. Juga menambah penghasilan petani, karena harga gabah murah, mereka mendapat tambahan pendapatan dari budidaya ikan,” jelasnya.

Sementara itu, Gandung Pardiman mengapresiasi pihak BRIN yang dalam hal ini telah berhasil mengembangkan varietas Sidenuk ini. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh para petani untuk mengoptimalkan hasil pertanian mereka.

Perwakilan BRIN, Hardi Julendra menyebut varietas ini memang khusus dikembangkan untuk pertanian mina padi. Sidenuk ini merupakan varietas hasil inovasi dari Batan yang merupakan bagian dari BRIN. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00