Kelomtan Ngudi Makmur Sukses Terapkan Sistem Pertanian

KBRN, Bantul : Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi kepada Kelompok Tani Ngudi Makmur yang berada di kawasan Parangtritis, Kapanewon Kretek. Lantaran mereka berhasil menerapkan sistem pertanian yang baik.

Kelomtan tersebut telah menyiapkan anggaran yang digunakan khusus untuk membeli sebagian hasil panen petani. Kemudian hasil panen tersebut dijual keluar daerah. Sehingga pihak Kelomtan ini bisa secara mandiri mengolah lahan, mengadakan benih, penanaman, perawatan, panen hingga pemasaran.

Apresiasi ini diberikan oleh Wakil Bupati, Joko Purnomo yang menghadiri panen bawang merah kelomtan tersebut pada Senin (30/08).  Dimana tidak hanya sistem, hasil panen mereka juga tahun ini dinilai bagus secara kualitas.

“Kami mendoakan agar dengan sistem yang ada, Kelomtan Ngudi Makmur bisa memberikan kebaikan dan kesejahteraan kepada petani khususnya yang ada di wilayah Samiran, Parangtritis,” ujarnya.

Sementara itu pihak Kalurahan juga mendukung sistem pertanian warganya dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Lurah yang mengatur tata kelola tanam. Yakni penanaman padi yang diikuti dengan penanaman polowijo dan polowijo lagi. Sehingga pasca bawang merah mereka akan panen cabai sayur. Karena sistem tumpang sari yang telah dilakukan juga berjalan dengan baik.

Wakil Bupati dalam kesempatan itu juga berkesempatan meresmikan gudang penyimpanan benih bawang merah milik Kelomtan Ngudi Makmur ini. Gudang tersebut terletak di Dusun Samira, Parangtritis, Kretek, Bantul. (ril/dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00