Launching Kampanye #EmpowerYouth4Food Siapkan Hadiah 5000 Euro

KBRN, Yogyakarta : Dalam rangka mengkampanyekan pentingnya pendidikan pertanian di Asia Tenggara, jaringan alumni Belanda yang kegiatan difasilitasi oleh Nuffic Neso akan menyelenggarakan launching program kampanye #EmpowerYouth4Food yang akan diselenggarakan secara online pada hari Kamis, 22 April 2021, pukul pukul 14:00 (GMT + 7) / 09:00 (CEST) dan dibuka oleh Menteri Pertanian, Kualitas Alam dan Pangan Belanda: Carola Schouten; dan Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian Indonesia, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, M.Ag.

Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, M.Ag nantinya akan menyampaikan, ulasan penting seputar kiprah Kementerian Pertanian Indonesia dalam mengembangkan sumber daya manusia Indonesia serta mendorong semangat anak-anak muda di Indonesia khususnya dan di Asia Tenggara pada umumnya untuk memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam memajukan sektor pertanian.

Dalam kesempatan terpisah, Audy Joinaldy, Wakil Gubernur Sumatera Barat juga mengapresiasi terselenggaranya program ini.

Wakil Gubernur Sumatera Barat yang juga merupakan alumni dari kampus Wageningen Belanda ini juga berharap program ini bisa menjadi batu loncatan serta momentum dalam membangun semangat kolaborasi antar alumni Belanda, stakeholder dan para pegiat bidang pertanian dan peternakan untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang.

"Masih banyak produk produk pertanian di Indonesia yang diimpor baik itu sayur buah maupun daging merah . Pertanian ini bukan madesu masa depan suram, tapi sesuatu yang punya prospek," katanya.

Dito Alif Pratama selaku Alumni Officer Nuffic Neso mengungkapkan bahwasanya program ini bisa terlaksanana karena dukungan dan kerjasama dari banyak pihak, diantaranya Netherlands Food Partnership (NFP), Icco-Cordaid, Agriterra, Netherlands Alumni Association Bangladesh (NAAB), East West Seed, De Heus Animal Nutrition, Wageningen University and Research (WUR), dan Aeres.

"Bersama mitra dan partner tersebut, kami akan melaksanakan ‘kampanye pendidikan pertanian ‘empower Youth4Food’ bagi generasi muda di Asia Tenggara selama satu tahun mendatang dengan beragam program dan aktifitas, seperti: publikasi kisah inspiratif (success story) dari para alumni Belanda yang menggeluti bidang pertanian, seminar dan talkshow, career fairs, juga program Changemaker Challenge yang juga akan di launching pada 22 April mendatang.  Semoga kolaborasi positif ini bisa membawa dampak positif bagi kemajuan sektor pertanian di Asia Tenggara," jelas Dito.

Lebih jauh lagi, Dito juga menyebut bahwa hadiah 5.000 euro akan diberikan kepada para mahasiswa di Asia Tenggara atau Alumni Belanda yang berhasil memenangkan tantangan program changemaker challenge untuk mewujudkan idenya dalam membuat perubahan di sektor pertanian.

"Ada 5000 euro untuk yang berhasil mewujudkan ide membuat perubahan di sektor pertanian," lanjutnya 

Pada acara launching virtual tanggal 22 April yang bertepatan dengan hari bumi sedunia ini, peserta juga akan mendapat kesempatan mengikuti diskusi panel dengan tema “Bringing youthful energy to revitalise the agriculture sector in Southeast Asia”.

Acara diskusi panel ini akan diisi oleh pembicara dari berbagai negara yang ahli di bidangnya, seperti Sjoerd Croqué (Policy Coordinator at the Dutch Ministry of Agriculture, Nature and Food Quality), Tissa Aunilla, CEO Pipiltin Cocoa, Indonesia) Mary Ann Sayoc  (East West Seed Philippines) Rehana Noor (WAVE Foundation, Bangladesh), dan akan dimoderatori oleh  Emily Thuy Nguyen (De Heus, Vietnam).

"Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut tentang program Empower Youth4food Campaign bisa kunjungi https://www.empower-youth4food.com/ ," pungkas Dito.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00