Cegah Banjir, Sungai Bebas Sampah

KBRN, Yogyakarta : Sungai sebenarnya dapat memberikan penghidupan bagi masyarakat, apabila  mereka dapat mengelolanya secara tepat dan benar, salah satunya adalah dengan membebaskannya dari sampah.

Pakar Konservasi Air dan Tanah UGM, Prof DR Ir Muhjidin Mawardi, mengibaratkan sungai sebagai kepribadian seseorang. Jika sungai bersih maka kepribadiannya juga baik. Sebaliknya kalau sungai kotor maka kepribadiannya tidak jauh dari kondisi sungai itu.

Oleh karenanya ia mengajak masyarakat menjadikan sungai menjadi sumber penghidupan bebas dari sampah.

“Saat ini di sejumlah daerah seperti di Kota Yogyakartak sudah banyak rumah menghadap ke sungai tidak membelakangi lagi seperti dulu,” jelasnya kepada RRI, Jumat (5/3/2021).

Selama ini, lanjut Muhjidin, masih banyak rumah-rumah dibangun membelakangi sungai, sehingga sungai menjadi tempat buangan. Sepadan sungai merupakan lahan yang semestinya memberikan batas ruang antara bangunan dengan sungai dan itu dapat dimanfaatkan untuk konservasi alam.

“Seiring pertumbuhan pembangunan, maka kawasan sepadan sungai tidak dihiraukan lagi. Akibatnya kalau intensitas hujan tinggi, maka air sungai meluap ke rumah penduduk,” pungkasnya. (yus/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00