Berburu Burung di Sombomerten, Siap-Siap Kena Denda

KBRN, Yogyakarta : Sebuah spanduk warna merah terpasang diantara pepohonan, di sekitar Sendang Sombomerti Maguwoharjo Sleman.

Tulisan di dalamnya menyebut sanksi denda Rp 500 ribu, jika ada yang terbukti menangkap burung dengan cara apapun. Itulah upaya warga setempat untuk menjaga kelestarian satwa, yaitu Burung Tengkek atau yang biasa disebut Cekakak Jawa.

Janto salah satu warga mengakui, populasi satwa tersebut di sekitar Sendang Sombomerti, sudah berkurang akibat perburuan liar.

Sehingga tidak ada cara lain bagi warga, untuk menjaga populasi burung yang dicirikan warna dominan biru dengan paruh panjang itu, dengan memasang spanduk larangan menangkap burung.

”Biasanya membikin sarang di bagian tebing, dulu sangat khas disini, tapi sekarang sudah agak langka,” ucap Janto, Sabtu (6/3/2021).

Muhammad Nasir Ketua RW 21 Sombomerten, menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian habitat Burung Tengkek, agar ekosistem lingkungan tetap terjaga dengan baik.

”Kalau kita tidak pertahankan, anak cucu kita tidak tahu lagi apa sih yang namanya burung ini, burung itu,” ucap dia.

Selain Burung Tengkek, berbagai jenis burung juga terdapat di kawasan Sendang Sombomerti, seperti Burung Prenjak, Burung Trucukan dan Burung Blekok. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00