Waspada Potensi Banjir Rob di Pesisir Selatan

KBRN, Yogyakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob antara tanggal 12 hingga 15 Agustus 2022, di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Deas Ahmad Rivai mengatakan, fenomena bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi tanggal 10 Agustus 2022, berpotensi peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.  

“Berdasarkan pantauan BMKG dari data water level, dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi pesisir selatan Sukabumi, pesisir selatatan Cianjur, pesisir selatan Sukabumi, pesisir Garut, pesisir Tasikmalaya dan pesisir selatan Pangandaran. Fenomena rob juga berpotensi di pesisir selatan Cilacap, pesisir selatan Kebumen, pesisir selatan Purworejo, dan pesisir selatan Yogykarta,” jelasnya Jumat (12/8/2022}.

Deas Ahmad Rivai menambahkan, potensi banjir rob secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Masyarakat dihimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari maksimum air laut, dan memperhatikan update informasi dari BMKG. (fery/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar