DPC PDI P Kota Yogyakarta Ajak Warga Tanam Pohon Produktif

Simbolis pemberian bibit pohon buah alpukat dari DPC PDI P Kota Yogyakarta kepada Kelompok Wanita Tani

KBRN, Yogyakarta : Langkah nyata dalam memanfaatkan tiap jengkal lahan yang ada di lingkungan harus terus digalakkan salah satunya dengan penanaman pohon buah-buahan yang menjadi bagian penting dalam menjaga dan merawat lingkungan di perkotaan. 

Melalui #JogjaNandur yang terus dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta diharapkan bisa mewujudkan kedaulatan pangan. 

Ketua DPC PDI Perjuangan, Eko Suwan to mengatakan, melalui pemanfaatan lahan di lingkungan untuk ditanami pohon buah, selain dapat dimanfaatkan kemudian hari ketika pohon berbuah juga dapat menambah resapan air terutama di Kota Yogyakarta.

"Lewat tanam pohon bisa menambah resapan air. Hasil buahnya bisa jadi sumber ekonomi, buah diolah lewat kelompok usaha bersama," kata Eko disela penyerahan bibit pohon buah alpukat dan pupuk organik pada #JogjaNandur di Mantrijeron Minggu, (3/7/2022).

Bahkan menurut Eko, Pasar atau market buah cukup luas dan dikonsumsi daei berbagai kalangan baik dari balita hingga manula, butuh asupan gizi dan vitamin buah-buahan.

Lewat kegiatan #JogjaNandur jilid 3 yang secara simbolis dilakukan bersama seluruh pengurus anak ranting,  PAC dan DPC PDI perjuangan disebutkan bagian kerja nyata dari partai untuk hadir di tengah masyarakat Yogyakarta. 

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Suwanto mengharapkan, Pemda ke depan harus lakukan langkah berkelanjutan guna menyelamatkan lahan pertanian dan resapan air.

"Pemda perlu siapkan bibit berkualitas dan bantu penasaran hasilnya kala sudah berbuah, lewat kelompok usaha bersama bisa buat program pelatihan olahan hasil pertanian jadi aneka produk, mulai jus dan produk olahan lain. Program berkelanjutan penting agar masyarakat tertarik untuk menanam dan merawat serta mengolahnya agar punya nilai tambah perekonomian," jelas Eko.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar