Warga Awasi Janji Pemerintah Terkait TPST Piyungan

KBRN, Bantul : Pasca dibukanya TPST Piyungan pasca blockade yang dilakukan, warga sekitar masih terus mengawasi proses dan tahapan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi persoalan di kawasan tersebut.

Koordintor aksi penutupan, Herwin Arfianto mengatakan untuk kebijakan jangka pendek yang diawasi oleh warga adalah terkait dengan proyek pengolahan linbah yang baru.

“Kan pengolahan limbahnya itu selesai di akhir Juli kita tunggu saja akhir Juli gimana terus nanti memang ada benar-benar ada alat pengolah limbah atau tidak, seperti itu,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Senin (16/5/2022).

Saat ini memang menurutnya sudah ada kolam-kolam untuk pengolahan limbah tersebut. Namun, selama ini tidak difungsikan karena tidak adanya aliran listrik karena hanya menggunakan genset. Sehingga pemerintah dalam waktu dekat menjanjikan akan segera mengalirkan listrik ke tempat tersebut agar pengolahan limbah ini bisa segera beroperasi.

“Ya kalau dengan pengolahan warga optimis kalau sesuai dengan yang ditanamkan kan pakai alat modern jadi masuk pengolahan keluar sudah jadi biji plastic, jadi pupuk, yang keluar tinggal residu,” terangnya.

Sebelumnya warga di sekitar TPST Piyungan menutup akses menuju ke lokasi pembuangan sampah tersebut. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kemudian membuat kesepakatan dengan warga hingga akhirnya mereka bersedia membuka blokade.

Ada delapan kesepakatan yang dibuat Pemda dengan warga, di antaranya adalah untuk penggunaan pengolahan limbah di kawasan tersebut. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar