Tanam Pandan Laut, Jaga Ekosistem Pantai Selatan

KBRN, Bantul : Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta berkumpul di Pantai Pelangi pada akhir pekan kemarin untuk melakukan penanaman pandan laut.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok Studi Biologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa. Tidak hanya berasal dari internal Atma Jaya ada pula mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga, UGM, dan universitas lain yang turut terlibat.

Ketua kegiatan tersebut Christina Lucky mengatakan kegiatan ini dimasudkan untuk membantu memperbaiki ekosistem di kawasan pantai Pelangi tersebut. Karena pandan laut bermanfaat untuk membantu hal itu, diantaranya dengan mencegah abrasi dan juga menjadi sarang untuk hewan di kawasan pantai.

“Penanamannya mudah karena tinggal menggali sesuai ukuran yang ditanam itu dan dikubur. Bibitnya ini dipotong dari pohon yang sudah besar jadi dia stek dipotong terus tunggu agak lama untuk tumbuh besar, karena tumbuhnya lambat,untuk bisa sampai ukuran sedang itu perlu puluhan tahun setahu saya, makanya perlu banyak ditanam untuk membantu ekosistem di sini,” terangnya, Minggu (15/5/2022).

Salah satu peserta dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Aulya mengaku sudah empat kali menanam pandan di kawasan pantai Pelangi ini. Setiap kali ikut ia mengatakan selalu mendapatkan ilmu yang baru untuk pembelajaran.

“Kalau secara pribadi karena ini berhubungan dengan konservasi ada dampak lebih, ngga cuma ke diri sendiri tapi lingkungan. Juga ada info baru kalau pandan laut ini bisa menjaga kelembaban telur penyu jadi setiap ikut kegiatan ini ada aja tambahan ilmu yang didapat,” katanya.

Sementara itu, Hizkia, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Atma Jaya yang mengaku tertarik karena diajak oleh rekan-rekannya. Ia berharap kegiatan serupa bisa lebih banyak digelar oleh berbagai kampus ataupun instansi lain. Karena, dampaknya tidak hanya dirasakan saat ini tetapi juga untuk masa yang akan datang. (dev).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar