Muncul Banyak Wisata Alam di Gunungkidul, DLH Ingatkan Ekosistem Harus Terjaga

KBRN, Gunungkidul: Dengan munculnya banyak wisata alam di Gunungkidul, Dinas Lingkungan Hidup mengimbau pengelola untuk terus memperhatikan keseimbangan dan ekosistem lingkungan.

Adapun salah satu upayanya dengan mengonsep pengelolaan sampah dari aktivitas wisata, hingga reboisasi dari pohon yang ditebang karena pembukaan lahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, pada dasarnya dari pemerintah mendukung penuh pengembangan desa wisata. Namun begitu masyarakat juga harus tetap menjaga dan merawat keseimbangan ekosistem alam.

"Jangan sampai alam dieksplouutasi tapi tidak diperhitungkan keseimbangannya," ujar Agus, Senin (17/01/2022).

Agus menambahkan, sejauh ini sejumlah hal telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Salah satunya dengan melakukan edukasi bagi para anggota kelompok sadar wisata.

"Harapannya alam tetap terjaga sementara keindahan alamnya bisa meningkatkan kunjungan wisata sehigga ekonomi masyarakat bisa meningkat," papar Agus.

Sementara itu, Ketua Pokdariwis Kalurahan Pengkol, Nglipar, Gunungkidul Andri Susilo menambahkan, masyarakat sudah bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk tetap menjaga ekosistem alam. Masyarakat sendiri sudah berkomitmen untuk memajukan desanya.

"Apapun upaya yang harus ditempuh mereka sudah berkomitmen yang penting masyarakat sejahtera," pungkas dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar