Tambah Hutan Tematik, DIY Siapkan Lahan 7,5 Hektar

KBRN, Yogyakarta : Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY mengembangkan  hutan agroforestri.

Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan  hutan agroforestri ini akan dimaksimalkan pada lahan milik DLHK DIY di kawasan Alas Pengkol seluas 7,5 ha, untuk menjadi salah satu hutan tematik, dari 11 hutan tematik di DIY.

“Untuk kawasan ini akan kita canangkan sebagai hutan agroforestri. Kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan melibatkan penuh warga di desa Sri Harjo Pengkol dan sekitarnya,” jelas Kuncoro, di Yogyakarta, Jumat, (3/9/2021).

Pada tahap awal, pihaknya menanam sedikitnya 500 pohon di kawasan penyangga hutan agroforestri tersebut, yang sebagian besar akan ditanam pada awal musim penghujan.

"Rencananya  jenis pohon yang akan ditanam adalah pohon dengan buah-buahan produktif seperti pohon gayam, mangga, alpukat dan banyak jenis tanaman lainnya," terangnya.

Pencanangan hutan agroforestri di Kawasan Sriharjo, Pengkol, Bantul, dilaksanakan Kamis, (2/9/2021).

Abdul Halim Muslih, Bupati Bantul saat pencanangan mengatakan wilayah adalah kalurahan yang memiliki banyak potensi pariwisata dan kehutanan. Tidak salah apabila Pemda DIY memilih kawasan ini untuk dijadikan kawasan hutan tematik.

“Penanaman agroforestri dengan memilih Sri Harjo sebagai lokusnya ini sungguh sangat tepat karena kawasan ini kita terus dikembangkan, utamanya bidang agroforestri dan pariwisata. Program ini mendekatkan kita pada visi misi mewujudkan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang harmonis dan perikeadilan,” katanya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00