Kurangi Polusi Udara, UAJY dan Komunitas Jogja Lebih Bike Kampanye Bersepeda

KBRN, Yogyakarta : Kecenderungan masyarakat menggunakan kendaraan bermotor menjadi salah satu hal yang membuat kualitas udara di Yogyakarta menurun, untuk merespon isu lingkungan tersebut Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerjasama dengan komunitas Jogja Lebih Bike menggelar kampanye bersepeda.

Kampanye tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian karyawan dan mahasiswa dalam mengurangi polusi udara dengan menggunakan sepeda dan melakukan kegiatan-kegiatan yang secara positif mampu mengurangi polusi udara.

“Saat ini UAJY tengah memfokuskan diri untuk menjadi Green Campus, di mana salah satu indikatornya yakni UI Green Metric, merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diikuti perguruan tinggi dari 65 negara,” ujar Ina Nur Ratriyana, Penanggungjawab kegiatan Jogja Lebih Bike dari UAJY, dalam pers rilisnya, Rabu (1/9/2021).

Sebelumnya UAJY berada dalam urutan 440 dari 911 perguruan tinggi dengan Green Campus di dunia pada tahun 2020. Kini UAJY menghadirkan salah satu kegiatan untuk mendukung terlaksananya Green Campus.

“Selain melaksanakan webinar dan lomba, salah satu agenda dalam rangkaian Dies Natalis ke-56 Universitas Atma Jaya Yogyakarta kali ini adalah kolaborasi dengan Jogja Lebih Bike untuk menggalakkan kegiatan bersepeda yang ramah lingkungan di Yogyakarta,” lanjutnya.

UAJY juga menggelar lomba fotografi bertema ‘Wujudkan UAJY Kampus Sehat dan Ramah Pesepeda’ dan lomba videografi yang menceritakan bagaimana mahasiswa mengurangi polusi udara selama 7 hari lamanya.

Pemenang pun mendapatkan sepeda lipat yang diserahkan oleh Ketua Umum Dies Natalis UAJY sekaligus Wakil Rektor III UAJY, Pupung Arifin. Adapun 2 orang pemenang lomba yaitu M.G.Fitria H dan Marcellia Apriari H.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00