Restorasi Sungai Perlu Gerakan Bersama

KBRN, Yogyakarta : Kondisi sungai di DIY mulai memprihatinkan, butuh kepedulian bersama untuk menjaga dan memulihkan kondisi sungai yang saat ini terbilang cukup memprihatinkan.

Ketua Gerakan Cinta Code Harris Syarif Usman mengatakan, kondisi yang dialami seperti Kali Code terbilang memprihatinkan, pencemaran yang terjadi sudah di atas ambang batas akibat limbah cair maupun padat.

Menurutnya, pencemaran yang terjadi di Kali Code dibutuhkan kepedulian bersama untuk merestorasi sungai yang membentang di tiga wilayah tersebut agar kembali bersih.

"Pencemaran itu membuat Kali Code semakin tidak sehat," katanya, Rabu (23/6/2021).

Harris menambahkan, apresiasi diberikan bagi komunitas, maupun masyarakat yang memiliki kemauan untuk bergerak secara bersama-sama menjaga dan memulihkan kondisi Kali Code.

"Saya juga mengapresiasi aksi kepedulian dari kalangan lembaga dakwah dan mahasiswa dengan menjadikan Kali Code sebagai sasaran peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia," tambahnya.

Aksi peduli Kali Code yang dilakukan ajelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogya serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Djasman Alkindi pada Minggu (20/6/2021) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Harris menambahkan, Ketua MLH PDM Kota Yogya Heri Setiawan MSi serta Ketua IMM Djasman Alkindi Baiq Sukma Chalifa beserta jajarannya menebar bebih ikan endemik sungai serta menanam sejumlah bibit pohon yang disesuaikan dengan daerah kawasan pinggir sungai seperti pohon buah rambutan, jambu air, alpokat, cabai maupun terong.

Dengan semakin banyak ikan endemik sungai yang ada di Kali Code Ia mengharapkan, mampu mengembalikan ekosistem di sana.

Selain itu pihaknya juga menegaskan, agar tidak menaruh ikan predator di sungai karena akan merusak kelestarian ikan endemik yang harus dijaga.

"Pertama ekosistemnya harus dijaga. Dibutuhkan kesadaran juga kalau sudah banyak ikan endemik, ya jangan terus dieksploitasi. Kepedulian seperti ini yang kita harapkan," tandasnya.

Keberadaan Kali Code yang mulai banyak ikan endemik pun perlu diimbangi perilaku tertib dalam membuang sampah maupun limbah.

Petugas terkait harus semakin intensif mengawasi celah pelanggaran lingkungan tersebut, apalagi hampir seluruh bantaran Kali Code sudah tertata rapi dan bersih hasil dari penataan kawasan kumuh perkotaan.

"Bayangkan jika Kali Code dan sungai-sungai lainnya ini bisa bersih, sehat dan hijau. Niscaya juga akan membawa berkah bagi masyarakat maupun kota ini," pungkasnya. (ian-yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00