Sering Terjadi Genangn Air, Kodim Jogja Buat Peresapan Air Hujan

KBRN, Yogyakarta :  Penyerapan air ke dalam tanah semakin sulit khususnya di wilayah perkotaan, disebabkan semakin berkurangnya lahan hijau di sekitar pemukiman.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air khususnya saat hujan, Satgas TMMD Reg ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakata membuat kantong-kantong peresapan air di Jl. Arjuna Kp. Ketanggungan Rt.46 Rw.10 Kel. Wirobrajan Kemantren Wirobrajan Yogyakarta, Sabtu (19/6/2021).

Serda Yogi dari Batalyon Armed 305 Tarik yang tergabung Satgas TMMD menyampaikan, bahwa sumur resapan adalah salah satu teknik yang ditujukan untuk mengurangi aliran air di permukaan tanah ketika musim hujan.

“Melalui lubang seperti sumur ini, air hujan akan langsung masuk ke dalam tanah dan memiliki waktu lebih banyak untuk terserap dengan demikian, jumlah cadangan air tanah pun lebih banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Aiptu Surono Satgas TMMD dari Polsek Kraton mengatakan, prinsip utama sumur ini adalah memperluas bidang penyerapan. Teknik konservasi air ini merupakan upaya kita untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan daya guna air.

Di sisi lain,  Ketua RW. 10 Kp. Ketanggungan Kel. Wirobrajan Kemantren Wirobrajan, Agus, mengucapkan terimakasih kepada Satgas TMMD Kodim Jogja yang telah memperhatikan wilayahnya. (r-yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00