Perda Kawasan Tanpa Rokok di Kulon Progo Ditegakkan Kembali

KBRN, Kulon Progo : Pemerintah Kabupaten Kulon Progo berupaya menegakkan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang ada di wilayahnya. Penegakan dimulai pada Rabu hari ini (24/2) dan dilanjutkan pada Kamis keesokan harinya.

Koordinator Satgas Penegakan Perda tentang KTR, Baning Rahayujati mengatakan, penegakan perda Nomor 5 Tahun 2014 akan dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama sasaran penegakan yaitu di dinas dan perkantoran.

"Penegakan dilakukn di Beberapa lokasi KTR (Kawasan Tanpa Rokok) dengan melibatkan Tim Satgas KTR yang terdiri dari personil Dinkes dan Satpol PP. Sebagai awal, hanya akan diberikan sanski penyitaan KTP serta akan dilakukan persidangan bagi yang melanggar," ujar Baning, Rabu (24/2/2021).

Baning menjelaskan, penegakan Perda KTR akan tetap mengedepankan sikap humanity dan persuasif. Hal ini karena pandemi Covid-19 belum berakhir dan berpengaruh pada semua sektor kehidupan, terutama ekonomi. 

Sedangkan, Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana mengatakan, Perda KTR dibuat bukan untuk melarang para perokok. Perda ini adalah upaya untuk mengatur tempat yang bisa dipakai untuk merokok.

"Untuk pelanggar akan mendapat sangksi berupa penyitaaan KTP. Mereka kemudian mendapatkan surat untuk mengikuti sidang di Satpol PP Kulon Progo minggu depan," (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00