Klaster OPD, Sembilan ASN di Pemkab Bantul Positif Covid-19

Swab Massal Dinkes Bantul

KBRN, Bantul : Sebanyak sembilan orang ASN dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bantul terkonfirmasi positif covid-19. Sehingga Dinas Kesehatan setempat langsung menggelar tes PCR massal pada Rabu (24/2/2021). Tes tersebut bersamaan dengan peluncuran laboratorium bergerak milik BBTKLPP Yogyakarta.

Namun, tidak terbatas pada ASN di satu OPD saja, total 300 ASN ditargetkan menjadi peserta tes massal tersebut. Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharjo mengatakan, hingga siang tercatat baru ada 170 orang yang tedaftar menjalani swab ini.

"Swab massal dilakukan karena ada klaster besar saya sebut saja BKAD, sehingga BKAD total populasi kita swab. Hasil tracing terjadi besar dan sporadis di beberapa bidang. Kemudian lingkungan BKAD yang kontak erat diminta swab," katanya.

Sementara itu juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso menerangkan tracing dilakukan kepada orang yang berkontak erat. Baik yang bergejala maupun tidak bergejala. Namun, ia memastikan proses hanya berlangsung selama satu hari, karena armada milik BBTKLPP Yogyakarta terbatas.

“Karena ini juga tergantung dari mobilenya BBTKL, kalau kita bisa tapi kapasitasnya beda, ini besar, (milik) Dinkes running kita cuma running 50, ini hampir 100,” ujarnya.

Salah satu ASN, Eka Wahyu mengaku menjalani tes ini untuk skrining mandiri. Meski Eka menyatakan sempat merasa takut di awal karena belum pernah menjalani tes swab sebelumnya, namun ia berharap dengan ini bisa membantu mempercepat penanganan covid-19 sehingga situasi bisa kembali normal. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00