Laboratorium Bergerak BBTKLPP Yogyakarta Jalani Tes Massal Perdana

Laboratorium Bergerak BBTKLPP Yogyakarta

KBRN, Bantul : Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan BBTKLPP Yogyakarta menggelar tracing dan testing covid-19 massal yang melibatkan para ASN di wiayah tersebut pada Rabu (24/2/2021). Kegiatan ini sekaligus meluncurkan dan menjajal pertama kalinya laboratorium bergerak milik BBTKLPP.

Hadir dalam kegiatan tersebut, staf ahli Kementerian Kesehatan, dr. Andani Eka Putra yang mengatakan bahwa program ini menjadi bagian dari peningkatan proses tracing dan testing yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan kapasitas mobil laboratorium yang mencapai 300 orang dalam sehari.

“Canggih ini kapasitasnya besar, bisa 300 hari ini targetnya. Kapasitas testing dinaikkan, tracingnya lebih baik, ada mesin PCR, ekstraksi, semua otomatis,” terangnya.

Sementara itu Kepala BBTKLPP Yogyakata, dr. Irene, mengatakan mobil ini akan melayani tidak hanya di wilayah Yogyakarta saja tetapi hingga ke Jawa Tengah. Saat ini memang pihaknya baru memiliki satu armada saja yang bisa digunakan. Keberadaan mobil ini menurutnya memang dimaksudkan untuk meningkatkan proses tracing kontak erat. Sehingga siapa saja yang berkontak erat bisa langsung diperiksa dan diputus rantai penularannya.

“Target kita 300, kalau di mobil ini hasilnya langsung keluar hari ini juga. Kita ada mesin yang sekali periksa 96, jadi bisa tiga kalu running,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja menyampaika rasa terimakasihnya atas dukungan dari BBTKLYPP dalam program tracing massal ini. Nantinya tidak hanya untuk ASN, jika ditemukan kasus penularan yang besar menurutnya bisa didukung dengan mobil laboratorium tersebut serta mobile PCR milik Dinkes sendiri. Sehingga bisa mengakselerasi program 3T. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00