Masyharakat Harus Terapkan Protokol Kesehatan dengan Baik

Juru bicara Gugus tugas Penanggulangan Covid-19 Kulon Progo

KBRN, Kulon Progo : Hingga Minggu ketiga bulan Januari 2021, penambahan kasus Covid-19 di Kulon Progo masih cukup tinggi, mencapai lebih dari 500 kasus. Kepatuhan pada protokol kesehatan yang kurang, ditengarai menjadi penyebab lonjakan tersebut. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, protokol kesehatan memang kurang baik di dalam maupun di luar rumah. Hal ini bisa dilihat dengan kasus penularan dalam keluarga yang terbilang tinggi. Bahkan untuk bulan Januari, rata-rata tambahan kasus harian mencapai lebih dari 30 kasus.

"Jumlah penambahan ini berbeda dengan kasus sembuh dan selesai isolasi. Selama tiga pekan terakhir, hanya sekitar lima kasus yang dinyatakan sembuh dan 300-an orang selesai isolasi mandiri," ucap Baning, di Kulon Progo, Selasa (19/1/2021).

Ia menjelaskan, upaya menekan lonjakan kasus tersebut hanyalah dengan mematuhi protokoll kesehatan. Oleh karenanya masyarakat dihimbau agar menjalankan protokol kesehatan dengan baik mulai dari memakai masker, jaga jarak, selalu cuci tangan di air mengalir dan menghindari kerumunan. 

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Fajar Gegana menghimbau warga  agar meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan,  sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19. 

"Protokol kesehatan harus benar-benar diperhatikan. Kami tigak ingin kasus di Kulon Progo naik," ujarnya. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00