PMI DIY Siap Layani Donor Plasma Konvalesen

Irjen Pol (Purn) R.M. Haka Astana Widya, Plh Ketua PMI DIY

KBRN, Yogyakarta : Terapi plasma darah atau plasma konvalesen untuk pasien COVID-9 akhir-akhir ini marak dicari dan digunakan untuk menangani pasien COVID-19  di Indonesia terutama pasien yang sakit berat. 

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dan digunakan sebagai salah satu terapi pasien Covid-19 yang sedang dalam masa perawatan. 

Pasca pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen oleh Wakil Presiden RI dan PMI Pusat di Jakarta, Senin (19/1/2021), Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) melalui PMI Kota Yogyakarta mulai melayani donor plasma konvalesen. 

“Mulai hari ini, Selasa (19/1/2021) PMI siap melayani donor plasma konvalesen. Saat ini, pelayanan baru di Unit Donor Darah PMI Kota Yogyakarta. Namun, saya berharap semua Unit Donor Darah PMI di DIY juga bisa melayani. Selain itu, kami juga berharap para penyintas Covid dapat membantu sesama dengan menyumbangkan plasmanya. Kerja sama dengan pemerintah daerah, rumah sakit rujukan Covid pun menjadi penting untuk bersama-bersama mengurangi dampak pandemi ini,” tutur Plh Ketua PMI DIY,  Irjen Pol (Purn) Drs. R.M. Haka Astana M. Widya,S.H.

Sementara itu, Pimpinan Pengurus Harian PMI Kota Yogyakarta, Lilik Kurniawan mengatakan, seiring mulai adanya permintaan donor plasma konvalesen, sedangkan di DIY baru ada di RSUP Sardjito, PMI Kota Yogyakarta melakukan pengadaan satu alat pemisah plasma agar bisa membantu masyarakat lebih banyak. 

Meski sudah memiliki alat pemisah plasma, Lilik mengakui tidak mudah menemukan calon pendonor plasma karena data pasien COVID19 bersifat tertutup. Lilik menambahkan, pada hari senin sudah ada 6 sampel yang diperiksa sebagai calon pendonor plasma. Dan dua diantaranya telah melakukan donor plasma konvalesen pada selasa kemarin. 

"Hari ini sudah ada dua, rencana besok ada dua lagi, satu hari alat kita bisa untuk 6-8 kantong," katanya. 

Sementara dr Naila Amalia, dokter Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa pihaknya sudah siap melayani donor plasma konvalesen. 

“Senin kemarin (18/1/2021) kami sudah mengundang beberapa calon pendonor plasma untuk pengambilan sampel dan pemeriksaan antibodi darah dari penyintas Covid-19. Ada sekitar 6 (enam) orang yang datang”, jelas dr Naila. 

“Setiap calon pendonor yang telah mengisi formulir online akan dihubungi UDD Kota Yogyakarta untuk pengambilan sampel pemeriksaan antibodi dan anamnesis atau bisa datang langsung ke UDD PMI Kota Yogyakarta mulai pukul 9.00-19.00 WIB. Selanjutnya, kami akan membuat jadwal sesuai kesepakatan kapan donor darah bisa dilakukan,” tambah dr Naila. 

Adapun calon pendonor plasma konvalesen adalah mereka yang mempunyai riwayat terkonfirmasi Covid-19 dengan swab RT PCR dan sudah dinyatakan sembuh dengan hasil RT PCR 1 kali pemeriksaan swab dengan hasil RT PCR negatif, diutamakan calon pendonor adalah laki-laki berusia 18-60 tahun dengan berat badan minimal 55 Kg, jika perempuan belum pernah hamil atau melahirkan. 

Calon pendonor darah plasma konvalesen yang akan mendonorkan darahnya bisa menghubungi kontak person UDD Kota Yogyakarta atas nama Noor Edy Hidayatullah melalui nomor WhatsApp +62 898-8056-779 atau mengisi formulir dengan link https://forms.gle/9ZiZDVo44w591Y337. (wur/ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00