PMI Kota Yogyakarta Segera Miliki Alat Donor Plasma Konvalensen

Penyemprotan Desinfektan oleh PMI

KBRN, Yogyakarta : Mendukung penanganan Covid 19 yang sudah berlangsung hampir 1 tahun ini melalui terapi plasma darah bagi pasien Covid-19 bergejala sedang hingga berat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta akan mengadakan alat donor plasma konvalensen.

Pimpinan PMI Kota Yogyakarta, Lilik Kurniawan mengatakan, pengadaan alat donor plasma konvalensen dilakukan sebagai bentuk dukungan atas kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Melalui terapi plasma konvalensen diharapkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di DIY terus mengalami peningkatan dan menjadi salah satu upaya penyelesaian pandemi ini.

"Harapan penyembuhan lewat plasma konvalesen, juga sulitnya mencari plasma konvalesen, maka kita PMI Yogya membeli alat untuk melayani masyarakat yang kesulitan akan plasma konvalesen guna mengatasi Covid-19," katanya, Selasa (19/1/2021).

Menurut Lilik, pengadaan alat konvalencen akan datang dalam minggu-minggu ini, dan diharapkan segera dapat dimanfaatkan bagi para pasien di DIY.

"Dalam minggu ini kita sudah punya alat nya dan juga sudah ada persiapan pendonor nya," lanjutnya.

Dijelaskannya, pengadaan alat plasma akan ada 1 unit yang mampu melayani 6-8 pendonor, dengan prosedur permintaan dari pihak rumah sakit ke PMI kota Yogyakarta.

"Bagi penyintas yang mau menyumbangkan plasma, bisa langsung ke PMI Kota," pungkasnya. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00