RS Siloam Yogyakarta Dukung Program Vaksinasi Nasional

KBRN, Yogyakarta : Sebagai bentuk dukungan pada program vaksinasi Nasional, Rumah Sakit Siloam Yogyakarta turut ambil bagian dalam Program Vaksinasi Covid -19 di tahap pertama yang diberikan langsung kepada tenaga kesehatan.

Sebagai salah satu garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat, seluruh tenaga kesehatan di RS Siloam Yogyakarta turut berpartisipasi dengan cara menerima Vaksin Covid -19, pada Kamis (14/1/2021). Vaksinasi diberikan pada sekitar 49 orang, yang terdiri atas tenaga kesehatan RS tersebut, dan beberapa tenaga kesehatan di luar rumah sakit yang memilih vaksinasi di RS Siloam. 

Dokter Spesialis Dalam RS Siloam Yogyakarta, dr.Meita Ucche, Sp.PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam ) mengatakan, tujuan dari Vaksinasi Covid -19 tersebut yaitu untuk membantu kekebalan tubuh terhadap virus, setelah dilakukannya Vaksin. 

"Jadi jangan takut, karena vaksin justru sangat membantu selama masa pandemi ini. Jangan tunda dan tetap ikuti anjuran pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19," ucap Meita, di RS Siloam Yogyakarta, Kamis (14/1/2021).

Meita menambahkan, ada beberapa syarat yang harus dimiliki dan diketahui sebelum mengikuti Vaksinasi. Syarat tersebut yaitu riwayat tentang Covid-19 dan riwayat tentang penyakit bawaan seperti Diabetes Mellitus, Kelainan autoimun atau penyakit kronis yang memerlukan pengobatan jangka panjang. 

Sementara untuk tata cara sebelum vaksinasi adalah melakukan pendaftaran vaksin Covid yang dapat dilakukan di RS Siloam Yogyakarta. Perlu juga dipastikan jika sudah terdaftar di pedulilindungi.id maka kemudian akan didapatkan sms dan barcode tiket vaksinasi Covid-19. Setelahnya, memilih lokasi vaksinasi yang salah satunya dapat dilakukan di RS Siloam. Setelah sampai dilokasi Vaksin, pasien akan melakukan registrasi ulang, skrining, vaksinasi, observasi dan cetak kartu vaksin. 

Sementara itu, Marketing Komunikasi, Rumah Sakit Siloam Yogyakarta, Elissabeth Devi mengatakan, berdasarkan data jumlah reservasi rata-rata perhari, RS Siloam Yogyakarta siap melayani vaksinasi Covid tenaga kesehatan sekitar 60 orang perhari. 

"Munculnya Peran Penting Vaksin ini berguna untuk memutus rantai penularan Covid-19. Karena vaksinasi ini melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.," tutur Elissabeth Devi.

Dia menambahkan, Pemerintah melalui juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 telah menyiapkan skema vaksinasi COVID-19 secara gratis yang diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Hal ini agar dapat menurunkan angka penyakit tertular serta kematian akibat COVID-19. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00