Satgas Covid Sleman Temukan Ratusan Pelanggaran

Pengawasan protokol kesehatan di tempat usaha (Dokumentasi Satgas Covid Sleman)

KBRN, Yogyakarta : Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman, mendapati berbagai pelanggaran protokol kesehatan, saat memantau 301 tempat. Pelanggarannya antara lain, tidak pakai masker ada 7 orang, juga yang tidak menjaga jarak sebanyak 37 orang. Kemudian, 77 tempat masih kurang sarana prasarana protokol covid-19, termasuk 71 tempat usaha melanggar jam operasional.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman Shavitri Nurmala Dewi memastikan, ada sanksi yang diberikan.

”Sosialisasi dan edukasi 277 kali, teguran lisan 13 kali, delapan tempat usaha diberi BAP (Berita Acara Pemeriksaan), dan pembubaran kerumunan di tujuh tempat,” katanya, dalam pernyataan tertulis, Minggu (17/1/2021).

Perempuan yang akrab disapa Evi itu juga menyebut, temuan pelanggaran protokol kesehatan, merupakan hasil pengawasan hingga tanggal 16 Januari kemarin. Terutama sejak diberlakukan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM), mulai tanggal 11 sampai 25 Januari mendatang.

Hingga kini, pihaknya terus menggiatkan sosialisasi Instruksi Bupati Sleman tentang penerapan protokol kesehatan.

”Dilakukan personel gabungan, baik Polri, TNI, Satpol PP dan SKPD di Sleman,” ucap dia.

Selain di supermarket, sosialisasi juga dilakukan pada tempat usaha kuliner, tempat hiburan, spa, dan tempat umum yang sering digunakan masyarakat berkerumun.

Ia berharap, masyarakat bisa patuh dan meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus korona.

”Sosialisasi dan pemantuan juga dilakukan Satgas Covid di Kapanewon dan Kalurahan,” kata Evi, yang juga Kabag Humas Pemkab Sleman. (ws/yyw).

​​​​

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00