Video Pemakaman Jenazah Covid di Kulon Progo Viral di Media Sosial

KBRN, Kulon Progo : Sebuah video yang memperlihatkan sekelompok orang berpakaian hazmat tengah menyeberangi sungai sembari menggotong peti jenazah, viral di media sosial. Terlihat, Mereka harus bersusah payah menyeberangi sungai yang berarus cukup deras untuk memakamkan jenazah. Di akhir video tersebut, sungai bisa dilewati untuk menuju tempat pemakaman.

Video berdurasi 30 detik tersebut, diunggah di Twitter dengan TRCBPDBDIY pada Rabu (13/1/2021) sekitar pukul 19.50 WIB. Video itu ditonton puluhan ribu kali serta disukai ratusan pengguna. Video ini diambil di wilayah Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang saat relawan Satgas Penanganan Covid-19 Banjaroya mengantarkan jenazah pasien terkait Covid-19 ke pemakaman yang terletak di Dusun Pantog Kulon.

Koordinator Relawan Pemakaman Covid-19 Banjaroya, Azhari Hidayat mengatakan, orang dalam video tersebut adalah tim relawan satgas Covid-19 Banjaroya yang akan memakamkan di area pemakaman di wilayah Dusun Pantog Wetan, Banjaroya.

Sesuai dengan permintaan keluarga, jenazah dimakamkan di lokasi yang memang rutenya lewat sungai. Warga yang meninggal tersebut, sebelumnya menjalani perawatan di RS Sardjito karena terkait Covid-19. Akhirnya proses pemakaman menyesuaikan prosedur pemakaman Covid-19.  

"Lokasi makam sulit dan kontur tanah di sana juga keras, jadi liang lahat baru selesai sekitar pukul 12.00 WIB, dan proses pemakaman mundur dari jadwal," ujar Azhari, di Kulon Progo, Jumat, 15 Januari 2021.

Azhari menuturkan, jalur melewati sungai dipilih karena jarak yang lebih dekat dan medan yang lebih mudah dibandingkan dua jalur lain. Pertimbangan ketiga, jalur melewati sungai tersebut biasa dipakai warga untuk mengantarkan jenazahnya melintasi jalur tersebut.

Dihubungi terpisah, Penanggung Jawab Posko Dekontaminasi dan Giat Pemakaman Satgas Covid-19 BPBD Kulonprogo, Edy Haryanto, mengatakan, proses pemakaman di Banjaroya dilakukan oleh satgas tingkat kalurahan. 

"Kami hanya sebatas melakukan pendampingan," ujar Edy.

Edy memastikan, proses pemakaman itu berjalan lancar sejak awal hingga selesainya pemakaman. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00