FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Periksa Kesehatan Hingga ke Tukang Pijat Dilakukan Wawali Yogya untuk Ikut Vaksinasi Covid

KBRN, Yogyakarta : Mendukung kesuksesan vaksinasi Covid 19 di Kota Yogyakarta, tahap pertama vaksinasi diawali dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan selanjutnya menyasar para tenaga kesehatan (nakes).

Proses vaksinasi Covid 19, diungkapkan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, tidak merasakan kendala. Bahkan menurutnya,  proses memasukkan cairan vaksin Covid melalui penyuntikan tidak terasa sama sekali.

"Saya kira lebih sakit kalau kita diambil darahnya di vena nya, kalau disini dipegang malah terasa dingin pas disuntiknya tidak terasa sama sekali malahan," katanya di RS Pratama Yogyakarta, Jumat (15/1/2021).

Sebelum mengikuti vaksinasi Heroe menceritakan, ada kasus khusus mengingat kondisi kesehatan yang mengharuskannya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

"Saya kemarin merasa agak kurang enak badan, terus ke rumah sakit untuk medical check up. Tensi 171/117 kemudian saya tanya ke dokter saya boleh tidak ikut vaksin, jawabnya diturunkan dulu. setelah dari rumah sakit saya minum obatnya dan cari tukang pijat dan alhamdulillah tadi tensi saya 140/90 artinya terus saya tanya boleh tidak, jawabnya boleh. karena dokter sudah menyatakan boleh saya ikut vaksinasi," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi.

"Memang betul kondisi kita harus benar2 sehat menerima vaksin alhamdulilah tadi masih memenuhi syarat untuk divaksin, alhamdulillah setelah setengah jam lebih tidak ada reaksi apapun," ujarnya.

Kombes Pol Purwadi mengungkapkan, agar masyarakat mendukung upaya penanganan covid yang terjadi saat ini salah satunya melalui vaksinasi Covid-19 yang nantinya diharapkan seluruh masyarakat mendapatkan vaksinasi tersebut.

"Satu pesan vaksin ini bukan untuk melegalkan masker jadi tetap kita patuhi prokes ini hanya ikhtiar agar bisa meminimalkan agar tidak terjadi hal yang fatal," ungkapnya.

Pada tahap pertama, vaksinasi Covid 19 Kota Yogyakarta selain dilakukan kepada perwakilan unsur Forkompimda, beberapa tokoh perwakilan agama, organisasi profesi kesehatan Kota Yogyakarta, juga dilakukan kepada 475 tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta.

Sementara dari 9.800 dosis vaksin yang diterima kota Yogyakarta total tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksin covid 19 sebanyak 4.753 nakes pada vaksinasi pertama, dilakukan Jumat (1/15/2021) sedangkan vaksinasi kedua akan kembali dilakukan pada tanggal 22 Januari 2021 mendatang. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00