Deklarasi Literasi Kesehatan Desa Umbulrejo Cegah Stunting

KBRN, Yogyakarta : Stunting masih menjadi salah satu masalah utama dan prioritas penanganan Kemenkes RI.

Mengacu pada laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, prevalensi stunting tertinggi di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta salah satunya berada di Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. 

Ketua tim pelaksana pengabdian masyarakat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Dr. Heru Subaris Kasjono, SKM, M.Kes mengatakan, untuk mengentaskan masalah stunting di Kabupaten Gunung Kidul perlu dilakukan upaya selaras, sinergi, dan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat.

"Upaya ini berbentuk wadah literasi kesehatan mencegah stunting. Kegiatan ini melibatkan tokoh masyarakat dan masyarakat secara langsung sehingga diperoleh dukungan dan komitmen secara berkesinambungan," katanya dalam keterangan resmi kepada RRI, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, Deklarasi Literasi Kesehatan Pencegahan di Kalurahan Umbulrejo Kapanewon, Gunungkidul merupakan salah satu program pengabdian masyarakat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Dari kegiatan ini, Dosen yang mengampu di Jurusan Kesehatan Lingkungan Polkesyo itu juga mengharapkan, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan stunting sehingga terbentuk kelembagaan untuk kegiatan pencegahan stunting.

"Literasi ini nantinya diharapkan akan berdampak pada penurunan angka prevalensi stunting di Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul," pungkasnya.

Sementara, Penandatanganan Deklarasi dilakukan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Joko Susilo dan Panewon Ponjong yang diwakili oleh Panewon Anom Bapak Akirna. Kegiatan ini dihadiri oleh wakil BAPPEDA Kabupaten Gunung Kidul, Kepala Puskesmas/PKM Ponjong I, Kepala Polsek Ponjong, para kader serta pamong desa di lingkungan Kapanewon Ponjong. (ian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00