Kembalikan Wisma Wanagama Pasien Covid 19 Akan Dipindah Ke Puskesmas Pojong

Penyerahan kembali Wisma Wanagama. Foto ist

KBRN, Gunungkidul: Gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta berencana memindah tempat karantina pasien Covid-19 dari Wisma Wanagama ke Puskesmas Ponjong II.

Wacana ini sudah dimulai dengan dikembalikanya Wisma Wanagama yang sebelumnya digunakan untuk karantina kepada UGM, Selasa (11/8/2020).

"Pasca dikembalikan tempat karantina di Hutan Wanagama kita sudah sepakat mengembangkan puskesmas Ponjong II sebagai tempat karantina," kata Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawati.

Pihaknya juga akan meningkatkan kelas Puskesmas Pojong menjadi rumah sakit tipe D. Dilihat dari sarana prasarana puskesmas tersebut dapat digunakan sebagai tempat pengganti Wisma Wanagama.

"Sudah ada gedung baru maeski masih dalam tahap penyelesaian. Puskesmas ini juga memiliki 20 unit tempat tidur,"tambahnya.

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 166 pasien reaktif terhitung menjalani karantina sembari menunggu hasil swab di Wisma Wanagama. 15 dari mereka kemudian dinyatakan positif COVID-19.

"Dengan berakhirnya kerjasama ini pasien reaktif sudah kita pindah di RS Saptosari," katanya.

Sementara Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan, rencananya kompleks Wisma Wanagama akan kembali digunakan oleh UGM untuk menampung peneliti.

"Kompleks akan digunakan pada September mendatang," terang Immawan.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki menyampaikan, sewa atau kontrak selama sebulan, dengan perpanjangan hampir 2 bulan Wisma Wanagama menghabiskan anggaran sekitar Rp 155 juta.

Biaya sewa Wanagama memanfaatkan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT), yang dikelola oleh BPBD Gunungkidul. Bulan pertama biaya yang dikeluarkan Rp 103 juta.

"Karena ada perpanjangan bulan kedua mendapat diskon sehingga biayanya menjadi Rp 52 juta,"urainya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00