Gugus Tugas Covid-19 Gelar Rapid Test di Pasar Beringharjo

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar Rapid test di sejumlah tempat umum selama beberapa hari ini. Pada Kamis (04/6/2020) Rapid test digelar di Pasar Beringharjo Yogyakarta.

Menurut Wakil Walikota Heroe Purwadi, total  lebih dari 250 orang yang dites salama dua hari ini. Pada Rabu kemarin ada 147 orang dan pada hari ini ada 143. Antusiasme pedagang menurutnya juga tinggi. Namun, karena sistemnya sampling, sehingga memang tidak semua pedagang bisa dites.

“147 dites kemarin belum bisa kami sampaikan hasilnya, karena akan dites lagi untuk dipastikan yang kemarin reaktif hari ini swab, hari ini reaktif besok langsung swab. Karena kita ikuti mekanisme yang ada di teman-teman dari UGM,” ujar Heroe.

Sementara itu, salah satu pedagang yang ikut dalam rapid test tersebut, Hernaningsih mengaku sangat antusias untuk ikut rapid test. Bahkan berulang kali ia bertanya kepada petugas di pasar. Karena ia sendiri ingin mengetahui kondisinya mengingat ia rutin berdagang di pasar dan beruntung namanya masuk dalam salah satu diantara 30 pedagang yang diundnag hari ini.

“ Nggak takut sih emang aku dari kemarin aku pengen, nanya terus kapan di sini ada, aku pengen cek diriku sendiri.”

Lebi lanjut Pemkot sendiri berharap melalui tes acak ini bisa menjadi upaya untuk memastikan bahwa tidak ada sebaran atau kasus yang belum muncul dan tidak terdeteksi di masyarakat. Sehingga kota Yogyakarta memang benar landai dan tidak ada kasus dari klaster baru. Selain di Beringharjo, pasar lain yang juga digelar tes yakni Kranggan, dan kawasan Pakualaman.(devi/ryt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00