Ini Pentingnya Protokol Kesehatan Saat Belanja di Swalayan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Raharja

KBRN, Yogyakarta : Menjelang lebaran, masyarakat biasanya memadati pusat-pusat perbelanjaan, untuk membeli berbagai kebutuhan seperti makanan berupa kue-kue dan minuman, termasuk juga baju baru.

Meski pandemi corona masih berlangsung, namun faktanya, swalayan hingga pusat-pusat kuliner pada beberapa ruas jalan di Yogyakarta, mulai dipadati pengunjung yang ingin membelanjakan uang mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharjo mengingatkan masyarakat, agar menerapkan protokol kesehatan, saat membeli barang untuk kebutuhan lebaran, di pusat-pusat perbelanjaan.

”Yang utama jaga jarak minimal satu meter kalau terpaksa bertemu orang, kedua harus pakai masker,” kata Agus saat ditemui di Bantul, Senin (18/5/2020).

Lebih bagus lagi kata dia, kalau protokol kesehatan khusus di bagian kasir swalayan, diberi sekat kaca untuk mengurangi kontak yang rawan percikan droplet, bahkan sekarang sudah mulai trend memakai face shield, baik pembeli maupun pelayannya.

Karena, kasus penularan Virus Corona di Indo Grosir Sleman, perlu dijadikan pelajaran berharga, agar protokol kesehatan betul-betul diperhatikan. Apalagi kata Agus, mayoritas pasien positif Covid di Bantul, tidak menujukkan gejala awal.

”Ya 80-an persen OTG (orang tanpa gejala, red), kita kan tidak tahu apakah orang lain bawa virus atau tidak, kemarin ada yang sampai viral, habis rapid tes jalan-jalan karena merasa sehat,” ucapnya.

Saat ini, hampir setiap hari selalu ada pasien positif corona di wilayah Bantul, jumlahnya mencapai 34 orang. Seluruhnya, sedang menjalani perawatan intensif, di sejumlah rumah sakit rujukan. (ws/yyw)     

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00