Hindarkan Perluasan Penularan Covid-19, Rapid Test Pengunjung Indogrosir Dilakukan Tertutup

Persiapan Rapid Test GOR Pangukan Sleman

KBRN, Sleman : Pemkab Sleman menyatakan kegiatan Rapid Test Massal bagi pengunjung Indogrosir pada Selasa (12/5/2020), dilakukan secara tertutup.

Kabag Humas Pemkab Sleman Savitri Nurmala Dewi, di GOR Pangukan Senin malam (11/5/2020), mengungkapkan, dengan alasan dan pertimbangan keamanan maka Rapid Test  bagi sekitar 1.500 orang tersebut harus dilakukan tertutup, termasuk untuk liputan media.

 “Prosesi rapid test mulai pengambilan sampel hingga analisanya dilakukan tertutup, guna jaminan keamanan dan menghindarkan terjadinya penularan,” jelasnya.

Obyek yang menjalani Rapid Test jumlahnya relatif banyak, sehingga melihat kondisi dilapangan, seperti terbatasnya ventilasi di GOR Pangukan dan jumlah pengunjung maka Tim Penanggulangan Covid.19, Kabupaten Sleman memutuskan untuk dilaksanakan tertutup.

Pelaksanaan Rapid Test akan dilaksanakan dalam lima sesi, tiap sesi ditargetkan melayanai seratus orang. Sehingga jadwal waktu antara pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, diharapkan pelayanan Rapid Test bagi 500 orang dapat dituntaskan pada hari pertama, Selasa (12/5/2020). 

Sedang untuk 1000 orang lainnya akan dilanjutkan pada Rapid Test Rabu dan Kamis (13-14/5/2020).

Bagi masyarakat yang akan mengikuti Rapid Test, Savitri mengharapkan, dapat hadir lebih awal sekitar pukul 08.30.WIB, di Gor Pangukan Tridadi Sleman, guna melakukan persiapan pemeriksaan secara lebih dini.

Dari pengunjung Indogrosir antara ( 19/04/2020) hingga (04/05/2020) jumlahnya mencapai 15.000. transaksi, namun yang akan diperiksa hanya 1.500 orang.

 “Ini karena fokus utama yang dilakukan Rapid Test berdasarkan Struk Pembelian, dan 1 Struk berlaku untuk satu orang," tambahnya.

Bagi pengunjung Indogrosir yang tidak tercaver dalam Rapid Test, Bupati Sleman Sri Purnomo, minta, mereka dapat melakukan pemeriksaan mandiri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu saat ini mereka diminta tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, selalu menggunakan masker, serta sadar dan paham untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sementara untuk kelancaran Rapid Test pengunjung Indogrosir, kemarin seluruh pelaksana sudah melakukan Gladi di Gor Pangukan.

 “Kita sudah persiapan masksimal, dan diharapkan pelaksanaanya dapat berjalan lancar, karena Rapid Test Massal ini juga didukung tenaga medis yang sudah terlatih dan profesional.” Pungkas Evi. (kus/ian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00