Putri Mahkota Kerajaan Denmark Kunjungi Proyek Kesehatan di Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson beserta rombongan di Yogyakarta melihat sejumlah proyek kesehatan dan mengunjungi Kraton Yogyakarta.

Dengan iringan ladrang Rojo Manggolo, Rabu siang (4/12) Sultan Hamengkubuwono X  beserta GKR Hemas menerima kunjungan rombongan Putri Mahkota Kerajaan Denmark di Bangsal Kencono.

Sebelumnya, ratu mahkota Denmark Mary Elizabeth Donaldson diterima keempat putri Sultan Yogyakarta beserta menantu di pintu masuk Keben Kraton.

Usai bertukar cinderamata di Bangsal Kencono, Sultan langsung mengajak tamunya untuk menikmati santap siang di Bangsal Manis yang terletak di sebelah selatan Bangsal Kencono. Menurut Sultan, tidak ada pembicaraan khusus dengan tamu Denmark tersebut.

“Kami ngobrol-ngobrol kekeluargaan saja, ia menanyakan kapan Kraton dibangun dan sebagainya. Ibunya kan pernah kesini 4 tahun yang lalu. Tentu ia juga mendapat informasi dari ibu mertuanya itu. Usianya kan hampir sama dengan anak-anak saya ya mereka ngobrol antar anak-anak muda”, jelas Sultan HB X mengenai pertemuan dengan Puteri Mary Elizabeth Donaldson Rabu siang (4/12/2019).

Martin Suryo Madyantoro, fungsi Ekonomi dan Perdagangan KBRI di Kopenhagen mengatakan, kunjungan Puteri Mary Elizabeth Donaldson ke Yogyakarta termasuk ke Kraton menandai 70 tahun hubungan bilateral Indonesia Denmark pada tahun 2020 yang kick off nya diresmikan di Jakarta Selasa malam.

“ Puteri Mahkota Denmark hadir dalam kapasitasnya sebagai patron United Nations Fund for Population, UNFPA. Karena UNFPA itu salah satu donator terbesarnya adalah Denmark. Puteri Mary banyak melakukan dialog dan kunjungan juga. Ketika di Jakarta ia mengunjungi Ikatan Bidan Indonesia berbicara tentang kesehatan reproduksi, mengunjungi Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta, pusat kesehatan reproduksi generasi muda”, kata Martin Suryo Madyantoro.

Karena Putri Mary merupakan patron UNFPA, dalam kunjungan di Yogyakarta melihat program kesehatan reproduksi. Putri sulung Sultan Hamengkubuwono X yaitu GKR Mangkubumi mengatakan, Putri Mary antara lain mengunjungi program yang ia inisiasi beberapa tahun lalu.

“Beliau melihat program kesehatan reproduksi kaum muda di Yogyakarta. Kebetulan beberapa tahun lalu itu saya yang membuat. Evaluasinya  sih bagus. Dokternya muda, layanannya bagus, dan dokter-dokter disana menjadi sahabat anak muda,” seru GKR Mangkubumi tentang program kesehatan reproduksi remaja yang ditinjau Ratu Mary Donaldson.

Putri Mary Elizabeth Donaldson selain mengunjungi Kraton juga mengunjungi Puskesmas Tegalrejo di Jalan Magelang,  berdialog dengan pasien dan petugas kesehatan di Jalan Magelang serta mengunjungi  KUA Gondomanan di Prawirodirjan mendapatkan penjelasan tentang agama dan kesehatan serta peran pria dalam program KB. (mun/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00