Bong Supit Bogem Ramai Pasien

KBRN, Yogyakarta : Bong supit atau tempat khitan tradisional Bogem di Jalan Jogja-Solo Kabupaten Sleman, kebanjiran pasien pada masa libur sekolah.

Petugas Juru Supit  Bong Bogem, Bardo Djumeno mengatakan, pada libur sekolah sejak tiga minggu yang lalu dibanjiri ratusan pasien yang datang untuk khitanan  atau sunat.

“Kalau hari biasa juga ada anak laki-laki yang datang tapi tidak banyak, tidak seperti libur sekolah  bisa mencapai 150  anak bahkan bisa lebih  anak yang sunat  setiap harinya,” jelasnya kepada RRI, Sabtu (29/6/2019).

Bardo, setiap libur sekolah baik libur tengah semester maupun kenaikan kelas,  Bong Supit Bogem dipastikan ramai anak laki-laki. Bong supit Bogem  merupakan tempat khitanan  tradisional, maka pihaknya tetap mengacu pada khitan secara medis yang mendapat ijin dari dinas kesehatan.

Lebih lanjut Bardo mengatakan, anak-anak yang sunat atau khitan di Bong Supit Bogem berasal dari berbagai daerah, seperti Purworejo, Lampung, Jakarta, Jambi, Kalimantan, Jawa Timur yang kebetulan mereka mempunyai kerabat di sekitar Jogja maupun Klaten.

“Selain yang sunat dari luar daerah, dari lokal seperti Jogja, Klaten, Solo juga lebih banyak, dan diperkirakan sasien sunat masih ramai menjelang masuk sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, Suratman (60) tahun dari Kabupaten Purworejo menyatakan pihaknya mengantar ponakan untuk khitan di Bogem karena cepat sembuh juga  praktis. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00