Tunggu Vaksin PMK, Pemda Kulon Progo Siapkan Tim Vaksinasi

KBRN, Yogyakarta : Tim vaksinasi dan pendataan terkait dengan penanganan vaksin PMK bagi ternak sapi di Kulon Progo segara dibentuk.

Kepala Bidang Kesehatan hewan Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Kulon Progo, Dokter Hewan Sudarmanto mengatakan, tim ini dibentuk bertujuan agar semua ternak sapi yang akan difaksin terdata, bahkan dimasukan dalam data nasional sistim informasi kesehatan hewan nasional.

“Itulah tim yang sudah kamis siapkan untuk menunggu datangnya vaksin untuk dilakukan vaksinasi,” ungkap Sudarmanto, Jumat (24/6/2022).

Tim Vaksin nantinya memberikan vaksin tidak secara individu tetapi dalam bentuk komunal misalnya beberapa tempat atau blok yang sapinya sehat baru dilakukan vaksinasi secara bersama sama, karena membutuhkan waktu 6 jam sudah harus selesai.

Sudarmanto, menyarankan jika para peternak  mendengar diskitar lingkungan ada ternak yang terkena PMK,  sebaiknya jangan melihat atau mendekat karena dapat membawa virus, pelihara ternak dengan pakan yang baik.

"Apabila ternaknya ada gejala terjangkit PMK, tidak perlu panik tetapi dipelihara dengan pakan yang baik, jangan dijual karena sangat beresiko apalagi dipotong untuk sapi korban, itu juga sangat menyebarkan virus," terangnya.

“Itu tadi harus dikelola dan secara pengobatan dapat diberikan vitamin dan mineral untuk menaikan imun bagi ternaknya,” lanjut Sudarmanto.

Bagi peternak diharapkan pada saat menjaga ternak yang sakit, tetap menggunakan disinfektan dan pelindung bagi keamanan diri, dan tidak menyebarkan virus untuk ternak lainnya. (Nus).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar