Bentengi Imunitas Masyarakat, BINDA DIY Gelar Vaksinasi Massal di Kulon Progo

Petugas menyuntikkan vaksinasi ke masyarakat (dok BINDA DIY)

KBRN, Kulon Progo : Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo, BINDA DIY kembali menggelar kegiatan vaksinasi massal bagi masyarakat Kulon Progo, Jumat (24/6). Agar lebih mencapai sasaran, vaksinasi di gelar di dua lokasi berbeda yakni di Bangunrejo Purwoharjo Samigaluh dan di Kliripan Hargorejo Kokap, dengan target peserta 300 orang. 

Koordinator Vaksinasi Kulon Progo BINDA DIY, Wury Atmaja mengatakan, Berdasarkan pengamatan Kementerian Kesehatan RI, telah terjadi lonjakan kasus harian Covid-19 di beberapa Provinsi di Indonesia. Varian baru yaitu Subvarian BA.4 dan BA.5 yang menjadi penyebabnya, diketahui mampu menularkan jauh lebih cepat.

"Untuk membentengi masyarakat dari merebaknya Subvarian BA.4 dan BA.5, kami berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo untik melayani pemberian vaksin dosis primer, lanjutan, dan booster," ujar Wury, Jumat (24/6/2022).

Wury menjelaskan, semua pihak tentu menginginkan masyarakat khususnya di Kulon Progo dapat terlindung dari Covid-19 Subvarian BA.4 dan BA.5. 

"Oleh karena itu, masyarakat dihimbau mengikuti vaksinasi yang digelar. Vaksinasi menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien untuk membentengi masyarakat dari paparan virus Covid-19 Subvarian BA.4 dan BA.5 yang lonjakannya diperkirakan akan terjadi pada bulan Juli 2022 mendatang," tambah Wury.

Masyarakat Kulon Progo, lanjut Wury, dihimbau dapat melengkapi vaksin primer (Dosis I dan II) dengan  vaksin booster, menjaga kesehatan pribadi serta terus melaksanakan Prokes 5M  secara ketat dimanapun berada.

"Kami juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat agar tidak ragu untuk mendatangi sentra vaksin yang telah disediakan oleh BIN, Dinkes, maupun TNI/Polri. Seluruh vaksin yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan adalah vaksin halal," tegasnya.

Sedangkan, Lurah Hargorejo, Bekti Murdayanto berterima kasih pada BINDA DIY yang mengadakan percepatan vaksinasi Covid-19. 

"Kami atas nama masyarakat sangat berterimakasih atas percepatan vaksinasi yang dilakukan. Alhamdulillah selama ini respon masyarakat sangat baik jika ada gelaran Vaksinasi dosis 1, 2 atau booster," ujar Bekti. (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar