FOKUS: #CORONA

Kasus dan Probable Omicron Meningkat, Ini Reaksi Sultan!

KBRN, Yogyakarta: Kurva pertumbuhan kasus Covid-19 di DIY kembali mengalami peningkatan tajam. Satgas Covid-19 mencatat ada 69 kasus baru terkonfirmasi positif pada Jumat (28/1/2022) sore. Angka itu naik pesat jika dibandingkan sehari sebelumnya, Kamis (27/1/2022) kemarin, yang tercatat ada 25 kasus.

Sedangkan sejumlah laboratorium penguji Covid-19 menyatakan adanya peningkatan jumlah sampel yang diduga kuat (probable) merupakan varian baru Omicron.

Namun demikian, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono meminta masyarakat tidak perlu terlalu resah. Kepada media, Jumat siang, di Kompleks Kantor Gubernur, Kepatihan, Yogyakarta, publik diminta untuk tetap berdisiplin terhadap protokol kesehatan (prokes). Sementara itu, Sultan juga mengimbau agar tak perlu khawatir berlebihan akan varian baru itu.

Nggak apa-apa, (Omicron) itu kan ringan. Nanti 10-14 hari kan sembuh sendiri, karena mereka tinggal di rumah semua, bukan di rumah sakit,” ujarnya.

Disinggung tentang peningkatan tajam kasus terkonfirmasi positif, Sultan menyatakan, hal itu merupakan dampak dari varian baru yang lebih cepat menyebar.

Ya otomatis OTG (Orang Tanpa Gejala), semoga tidak menjalar lebih jauh, karena dilakukan (tracing). Mereka harus tertib (prokes) meski sedang isoman (isolasi mandiri). Karena ini memang cepat menular, tapi sebenarnya ringan,” ungkap Sultan.

Gubernur berharap, masyarakat tidak abai terhadap prokes dan menjaga diri, termasuk melindungi kelompok yang rentan.

“Kalau di-swab (positif) harapan saya 14 hari bisa hijau (sembuh), asal tidak komorbid,” tandasnya.

Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta juga mengakui adanya peningkatan mpel baru yang probable atau diduga kuat terpapar varian baru Covid-19 jenis Omicron. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar