FOKUS: #CORONA

Abdul Halim Muslih Ingatkan Masyarakat Disiplin Prokes

KBRN, Bantul : Masyarakat harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan tidak boleh kendor. Hal ini penting untuk mewaspadai penyebaran varian omicron. Meskipun hingga saat ini di wilayah Bantul belum ditemukan varian tersebut dan masih probable.

Demikian disampaikan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih usai Pengumuman Rencana Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Bantul, di Gedung Induk Parasamya, Kamis (27/1/2022).

Angka kasus covid-19 di Bantul memang meningkat belakangan dan muncul dugaan sebagaimana berbagai daerah lain, hal ini disebabkan oleh varian omicron.

“Hanya karena setelah kita melandai dan sempat nol kasus dan hari ini 30-an ini kan angkanya agak mengejutkan. Sehingga para ahli menyebut probable omicron, itu artinya ya diduga saja baru terduga karena kita sudah nol kok tiba-tiba naik,” jelasnya.

Masyarakat belakangan memang sempat dinilai kurang disiplin dalam menerapkan prokes. Seiring dengan situasi pandemic yang melandai. Sehingga Halim kembali mengingatkan agar masyarakat mau mematuhi prokes seperti memakai masker dan mencuci tangan. Sementara terkait varian omicron, dari hasil pertemuan daring dengan Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu masyarakat tidak perlu panik.

“Kemarin kata Menkes tidak perlu panic, omicron itu akan berlangsung secara cepat penyebarannya lebih cepat dari delta tapi penyembuhannya juga cepat. Terus rata-rata OTG, tida separah delta,” lanjutnya.

Pemkab sendiri menurutnya belum ada rencana untuk menutup aktivitas masyarakat. Karena belakangan aktivitas ekonomi juga sudah mulai berjalan kembali. Karena itu ia menegaskan pentingnya disiplin penerapan prokes ini kepada masyarakat.  (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar