Vaksinasi DIY Terbaik, IDI Berharap Dapat Menjadi Tameng Hadapi Omicron

KBRN, Yogyakarta: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima audiensi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Ketika bertemu Sultan, Senin (17/1/2022) siang, IDI mengapresiasi keberhasilan vaksinasi DIY yang menjadi salah satu yang terbaik di Tanah Air. 

Usai beraudiensi dengan Gubernur, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY dr Joko Murdiyanto SpAn MPH, menyebutkan di masa depan, peluang industri kesehatan semakin meningkat pesat. Terlebih lagi, pasca hantaman pandemi yang melanda seluruh dunia. 

Selain itu,  Joko Murdiyanto meminta agar publik tidak terlalu waswas dengan pandemi yang tak kunjung usai. Khususnya, terkait varian baru Covid-19. 

“Capaian vaksinasi cukup bagus, itu yang membuat kemudian herd immunity terbentuk. Namun demikian, masyarakat tetap harus waspada, jangan stres, bagaimanapun kita melihat pergerakan Omicron di Amerika, Australia, itu luar biasa. Jadi vaksinasi harus terus digencarkan,” tambahnya. 

Selain vaksinasi, masyarakat juga diharapkan tetap memperkuat prokes. Hal itu menurut Joko, adalah kunci utama keluar dari jerat pandemi Covid-19. 

“Yang kedua, prokes harus terus digencarkan. Kerjasama pentahelix juga harus dikuatkan. Vaksinasi saja ada yang konsepnya jimmpitan, ada yang jimpitan anak, komorbid, kansia, itu khas. Itu mempercepat capaian vaksinasi dan itu dari masyarakat,” tutur alumnus UGM itu. 

Vaksinasi jimpitan 

Joko lantas menerangkan, vaksinasi jimpitan membuktikan kuatnya semangat gotong-royong di DIY yang turut andil dalam upaya percepatan vaksinasi. 

"Vaksinasi jimpitan membangun gotong royong bersama, jadi mendata siapa saja yang butuh divaksin. Itu swadaya ada yang perorangan, PT, dan perguruan tinggi, teman-teman Sonjo salah satu yang terlibat. Kalau jimpitan ini terjadi di banyak tempat, itu capaian vaksinasi juga akan cepat. Partisipasi masyarakat juga luar biasa bagus, Jogja itu istimewa,” jelasnya. 

Joko berharap, semakin tingginya capaian target vaksinasi, semakin dapat menekan penyebaran Covid-19 di DIY. 

Moga-moga ini bisa meminimalisir Omicron, karena kita sudah punya kebal. Namun walau sudah divaksinasi, prokes tetap harus dijalankan,” pesannya. (ros/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar