PPKM Dicabut Masyarakat Tetap Harus Patuhi Prokes

Prof. Tri Wibowo (masker putih)

KBRN, Sleman : Masyarakat tetap harus disiplin dalam melakukan protokol kesehatan (Prokes) meski pemerintah membatalkan PPKM level 3 pada akhir tahun ini. Demikian disampaikan pakar mikrobiologi FKKMK UGM, Prof. Tri Wibowo, pada Selasa (7/12/2021).

Menurutnya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tentu sudah melalui perhitungan yang panjang dengan melibatkan berbagai ahli. Karena penanggulangan covid-19 menurutnya tidak hanya tentang kesehatan tetapi juga ada faktor sosial.

“Saya pesan ke masyarakat bagaimanapun prokes juga harus ditaati dengan baik, tetap dilakukan. Kalau kebijakan pemerintah mau PPKM atau tidak itu domain pemerintah, ada banyak ahli yang sudah diskusi. Artinya pemerintah sudah punya parameter sehingga bisa mensinkronkan aspek kesehatan, sosial, dsb,” ujarnya usai konferensi pers tentang FERCAP 2021 di FKKMK UGM.

Sementara itu terkait klaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan tentang sudah tingginya imunitas masyarakat, guru besar FKKMK UGM ini menyebut belum melihat data tersebut. Karena menurutnya diperlukan riset yang komprehensif.

“Saya kok tidak, belum melihat datanya. Karena kan memang perlu riset, belum ada yang komprehensif, tetap saja kita harus hati-hati,” jelasnya.

Prof. Tri juga menekankan pentingnya untuk masyarakat tetap mendapatkan vaksinasi covid-19. Karena hal ini menurutnya akan sangat membantu mereka untuk lebih terlindungi.

“Vaksinasi tetap harus dilaksanakan dan terimakasih kepada pemerintah yang telah sigap menyediakan vaksin. Karena kalau tidak ada tentu akan lebih tidak terlindungi, dengan vaksin perlindungan akan lebih baik tapi tidak cukup tanpa ada kesadaran untuk prokes tadi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar