Civitas Akademika UMY Kampanye Gerakan Bersepeda

Foto : Humas UMY

KBRN, Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adakan kampanye Bike to Work pada Sabtu (04/12/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Karir dan SDM (LPKSDM) UMY ini merupakan rangkaian dari program UMY Sehat dan UMY Green Campus yang sudah terlebih dahulu hadir.

Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) UMY Slamet Riyadi, Ph.D menjelaskan, kampanye ini untuk kembali menggerakkan dan meningkatkan kesadaran bersepeda di kalangan civitas akademika.

"Semakin banyak civitas yang ikut berpartisipasi, semakin banyak juga kontribusi kita untuk mengurangi jumlah emisi karbon, serta bermanfaat untuk kesehatan," katanya.

Pegiat UMY Go (Komunitas Sepeda UMY) ini juga akan terus menggencarkan kampanye-kampanye seperti Bike to Work, agar bisa diterapkan para civitas akademika secara penuh, khususnya yang berdomisili di sekitar kampus.

Dengan infrastruktur yang cukup lengkap, UMY siap memfasilitasi para pesepeda. Namun Slamet mengimbau, agar Bike to Work ini tidak menjadi alasan untuk mengganggu aktivitas belajar mengajar di kampus. 

Sedangkan Kepala LPKSDM UMY Dr Adhianty Nurjanah menjelaskan, tidak butuh waktu panjang untuk mempersiapkan kampanye Bike to Work, karena terjalinnya kerjasama yang baik antara lembaganya dan para pegiat sepeda.

"Untuk pemilihan rute dibagi menjadi dua, yakni rute pertama dengan jarak tempuh 20km dan rute kedua dengan jarak tempuh 50km. Ini mempertimbangkan kemampuan bersepeda masing-masing peserta yang berjumlah lebih dari 100 orang,” terangnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor UMY Bidang SDM Profesor Nano Prawoto mengungkapkan kampanye ini sebagai kontribusi UMY untuk Indonesia bahkan dunia dalam hal penyelamatan lingkungan.

"Mari sama-sama kita berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan kita, dari hal terkecil seperti bersepeda menuju kantor,” pungkasnya. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar