Odhiv di Kulon Progo Terlayani dengan Baik

KBRN, Kulon Progo : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulon Progo memastikan orang dengan penderita HIV/AIDS (Odhiv) di wilayahnya bisa mengakses obat ARV (Anti Retro Viral) dengan baik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan, sejak tahun 2012, jumlah penderita HIV/AIDS di Kulon Progo mencapai 245 orang, dengan 173 diantaranya masih bertahan hidup. 

Namun untuk tetap bertahan hidup, para Odhiv tersebut harus mengonsumsi obat ARV yang bisa diakses di RSUD Wates Ataupah n di RSUP Dr. Sardjito. 

"ARVnya gratis dari pemerintah. Juga ada petugas yang telaten mengingatkan mereka untuk rutin berobat. Jadi sudah ada komunikasi bagus antara petugas dan ODHA di Kulon Progo," ucap Sri Budi di Kulon Progo, Rabu (1/12/2021). 

Sedangkan, Ketua Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Daerah (KPAD) Kulon Progo, Fajar Gegana mengatakan, perlu ada upaya lebih untuk menghilangkan stigma negatif di masyarakat terhadap penderita HIV/AIDS. 

"Seringkali HIV AIDS dianggap sebagai aib. Padahal secara kondisi, kasus HIV/AIDS di Kulon Progo juga relatif stabil. Terpenting dukungan yang diberikan kepada Odhiv dalam melawan penyakitnya supaya bisa bertahan hidup," ungkap Fajar Gegana. (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar