FOKUS: #VAKSIN COVID

Belum Punya KTP, Tetap Bisa Vaksin

KBRN, Yogyakarta : Warga Kabupaten Sleman yang belum memiliki KTP Elektronik, tetap bisa mendapat suntikan Vaksin Covid-19.

Hal itu dikarenakan, program vaksinasi merupakan hak publik tanpa kecuali, dan merupakan fasilitasi dari pemerintah, menghadapi paparan virus corona.

Namun tetap saja, KTP Elektronik wajib diurus ke Kantor Pencatatan Sipil, agar data hasil vaksinasi bisa masuk ke aplikasi peduli lindungi yang wajib diinstal pada smartphone.

”Aplikasi itu kan saat ini menjadi syarat wajib, misalkan akan bepergian,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman, Novita Krisnaeni, Minggu (28/11/2021).

Setiap kali vaksinasi berlangsung, jumlah warga yang belum memiliki KTP tidak banyak, hanya satu dua orang saja. Misalkan Warga Negara Asing (WNA) yang tidak memiliki NIK tetapi tinggal di wilayah Sleman.

Warga lain yang belum ber-KTP, seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maupun warga yang tinggal di panti, juga tetap bisa mendapat layanan vaksinasi.

Siap Layani

Sedangkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sleman Susmiyarto, siap melayani pembuatan KTP, yang sangat diperlukan dalam pendataan program vaksin.

Pada prinsipnya, layanan pembuatan dokumen kependudukan, berlaku bagi warga setempat, yang memang tinggal di wilayah Bumi Sembada.

Selain bisa datang langsung ke kantor Dukcapil di Jalan KRT Pringgodiningrat, Beran Kidul Tridadi, warga yang belum punya KTP juga bisa mengakses layanan perekaman data jemput bola di setiap kalurahan.

”Tapi layanan jemput bola khusus bagi penduduk yang sakit, lansia terlantar hingga ODGJ," ucap dia.

Dukcapil Sleman kata Susmiyarto juga siap memproses, jika Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik warga, dipakai orang lain untuk mengikuti kegiatan vaksinasi. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar