Tambah Diakui, GeNose Raih Penghargaan Nasional

KBRN, Yogyakarta: Perangkat skrining GeNose C-19 yang dapat mengetahui paparan Covid pada seseorang, terpilih menerima anugerah Indonesia Award 2021 untuk kategori Outsanding Professional Contribution yang diselenggarakan TV iNews.  

Penghargaan ini disampaikan oleh Wamenkes RI, dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, kepada tim GeNose C-19 UGM yang diwakili oleh Dr Ahmad Kusumatmadja pada Rabu (24/11/2021) kemarin. 

"GeNose C-19 terpilih dalam segmen penghargaan nasional bersama dengan empat figur nasional lainnya atas kontribusi dalam inisiatif menghadirkan alat skrining Covid-19 yang efektif, efisien serta kredibel dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia di tengah merebaknya wabah pandemi Covid-19," kata Juru bicara tim GeNose, dr M Saifudin Hakim, MSc, PhD, dalam keterangan pers yang kepada media, Jumat (26/11/2021) sore. 

Hakim mengatakan sejak mendapatkan izin edar pada Desember tahun lalu, alat GeNose C-19 terus dikembangkan terutama terkait perangkat lunak kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). 

Dengan adanya update AI ini diharapkan akurasi alat meningkat sehingga GeNose C19 akan lebih baik melayani masyarakat yang menjalani tes skrining Covid-19. 

GeNose C-19 merupakan alat deteksi Covid-19 nelalui embusan nafas yang dikembangkan oleh Prof Dr Eng Kuwat Triyana, MSi dan tim riset. 

Alat ini mampu mengidentifikasi virus corona dengan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) dari orang yang terinfeksi Covid-19 dalam waktu yang relatif cepat yakni sekitar 2 menit. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar