Vaksin COVID19 DIY Sudah 86%

Baskara Aji

KBRN, Yogyakarta : Cakupan vaksin Covid-19 di DIY sudah 86 persen untuk dosis pertama, dan 70 persen untuk dosis kedua.

Sekretaris Daerah (Sekda DIY), Baskara Aji optimis pada akhir tahun cakupan vaksinasi COVID19 DIY dapat mencapai 100 persen.Aji menuturkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk anak dibawah 17 tahun juga cukup besar.

Namun untuk vaksinasi lanjut usia (lansia) masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terutama di Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo.

"Untuk anak dibawah 17 (tahun) sudah cukup besar, lansia yang sekarang kita coba dorong terus karena masih ada 2 kabupaten yang lansai masih kurang," ujarnya.

Pemda DIY pun mendorong agar vaksinasi Covid-19 bagi lansia segera dipercepat dengan metode jemput bola dari rumah ke rumah mengingat lokasi yang kurang memungkinkan bagi lansia jika harus mengakses sentra vaksin.

Aji juga meminta agar dilakukan validasi jumlah lansia yang sebenarnya. Dikhawatirkan data yang selama ini ada belum terupdate.

"Tentu nanti akan kita dorong dan bantu supaya bisa, lansia sebetulnya bukan ga mau vaksin tapi kendala-kendala itu yanv agak (susah). Kayak Gunungkidul kan jarak-jarak (rumah) juga jauh dan saya minta Kominfo ini ngecek sekali lagi apakah jumlah lansia di sasaran itu benar ga. Saya khawatir udah banyak disuntik tapi belum, saya minta validasi terhadap jumlah lansia yang sesungguhnya," paparnya.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 bagi difabel di DIY, cakupannya juga sudah tinggi sebab metode jemput bola juga dilakukan di masing-masing Kabupaten dan Kota.

"Difabel juga sudah tinggi capainnya karena teman-teman di kabupaten itu jemput bola, jadi mereka dijemput, diantar berangkat ke lokasi vaksin dan diantar lagi pulangnya," jelas Aji .

Persoalan masih adanya orang yang menolak vaksin Covid-19 akan terus dilakukan pembinaan secara khusus.

"Sekarang saat ini difokuskan bagi yang bersedia terlebih dahulu, sembari kita edukasi ya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00