DIY Siapkan Selter Karantina Atlet PON

Baskara Aji

KBRN, Yogyakarta : Pemda DIY menyiapkan selter Balai Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sosial (Kemensos) di Jalan Veteran, Yogyakarta untuk  karantina semua atlet dari DIY seusai pulang dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan penyiapan selter ini menindaklanjuti hasil rapat dengan Pemerintah Pusat, agar pemerintah daerah termasuk DIY mempersiapkan selter untuk karantina selama 5-7 hari para atlet yang pulang dari Papua. Langkah ini untuk mencegah potensi penyebaran COVID19.

"Nanti Atlet DIY yang baru pulang dari Papua akan di tes PCR baik sebelum masuk tempat karantina maupun nantinya ketika akan meninggalkan tempat karantina. Jika hasil tes PCR diketahui negatif baru dibolehkan pulang ke rumah masing-masing. Lalu kalau dilakukan PCR ternyata ada yang positif maka  akan dirujuk ke rumah sakit atau ke isoter untuk yang positif," jelas Baskoro Aji di Kepatihan Selasa (12/10/2021).

Selain tes PCR para atlet juga akan menjalani tes darah Sebab Papua merupakan wilayah endemi malaria.

" Kita tambah lagi tes darah untuk mengetahui kemungkinan dia terkena malaria. Itu memang kebijakan daerah. Karena kan di Papua endemi malaria. Kita tidak ingin nanti mereka yang datang tidak kita tangani, jika terkena malaria," tambahnya.

Sebelummya, dalam rapat koordinasi secara virtual pada Minggu lalu, Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Padjaitan meminta BNPB, Gubernur, Pangdam, dan Kapolda untuk memastikan seluruh kontingen yang kembali dari PON Papua menjalankan proses karantina sebagaimana diatur dalam SE Satgas No. 17 Tahun 2021.Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran kasus Covid-19 pasca PON.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00