FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Partisipasi Ibu Rumah Tangga Dalam Vaksinasi COVID19 Masih Rendah

Dok humasjogja
Dok Humasjogja
Dok humasjogja

KBRN, Yogyakarta : Percepatan vaksinasi COVID19 terus dilakukan di DIY.

Namun sayangnya, partisipasi perempuan ibu rumah tangga dalam program vaksinasi COVID19 belum optimal.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, dalam sambutannya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kulon Progo pada Rabu (15/9/2021) menyampaikan akan terus mendorong semua kegiatan vaksinasi, khususnya vaksinasi bagi pelajar dan mahasiwa, perempuan dan lansia.

Paku Alam X mengimbau semua penduduk DIY untuk mengikuti vaksinasi jika ada kesempatan.

"jika ada kesempatan untuk divaksin maka manfaatkanlah kesempatan yang ada untuk mengikuti vaksin," kata Paku Alam X, Wakil Gubernur DIY.

Wagub menambahkan berdasar pemantauan di beberapa lokasi, ditemukan masih kurangnya partisipasi perempuan untuk vaksinWagub menyatakan akan berupaya agar kepesertaan perempuan sebagai penerima vaksin dapat lebih ditingkatkan lagi, karena perempuan terutama ibu rumah tangga, dan perempuan yang berprofesi sebagai bakul (pedagang) masih belum banyak yang divaksin.

“Yang masih kurang itu adalah perempuan, terutamanya ibu rumah tangga,” katanya.

Dan, yang tidak kalah penting yang kadang terlupakan adalah kelompok lansia.

"Kendala yang sering dihadapi oleh lansia adalah perlunya pendamping pada lansia saat mulai pendaftaran, pengisian google form dan pengantar untuk mendampingi lansia saat pelaksanaan vaksinasi," urainya.

Panewu Galur, Narya, menjelaskan vaksinasi massal bagi mayarakat umum, khususnya bagi masyarakat Galur diselenggarakan atas kerja sama antara Kapanewon Galur dengan Kodim 0731/KLP serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo ini adalah untuk ke-3 kalinya yang digelar di kantor Kalurahan Karangsewu oleh Kapanewon Galur.

Kegiatan vaksinasi massal kali ini dilaksanakan selama 3 hari (15 s/d 17/9/2021) dengan target penerima vaksin seribu orang perhari, berasal dari masyarakat umum, utamanya warga Kapanewon Galur. Meski begitu, jika ada peserta dari luar pun tetap akan dilayani.

“Kalau targetnya perhari seribu, tapi kalau hari ini misalnya ada seribu lebih pun tetap dilayani, stok vaksinnya masih cukup,” ucap Narya.

Narya menjelaskan sejauh ini antusiasme masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi sangat tinggi.

"Sejak pagi warga sudah berdatangan antri untuk vaksin. Warga yang datang pada hari ini, sebagian melakukan vaksinasi dosis 1 dan ada juga warga yang datang untuk melakukan vaksinasi dosis 2 tentunya dengan vaksin yang sama saat dosis 1 diberikan. Jenis vaksin sinovac, biasanya banyak dikunjungi oleh warga, " terang Narya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00