Menkes Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru di UGM

Menkes Tinjau Vaksinasi Drive Thru UGM (Foto oleh Humas UGM)

KBRN, Sleman : Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, mengapresiasi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang melaksanakaan program vaksinasi bagi 2.000 mahasiswa dan keluarga pegawai UGM. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan ke lokasi vaksinasi di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Sabtu (31/7). Program vaksinasi kali ini diselenggarakan atas kerja sama UGM dengan TNI POLRI selama dua hari, yakni 31 Juli dan 1 Agustus 2021.

“Terima kasih kepada UGM yang telah melaksanakan program vaksinasi dengan ribuan peserta ini sangat membantu ketercapaian cakupan vaksin nasional. Keterlibatan perguruan tinggi sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program vaksinasi di tanah air,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga kagum dengan jalanya vaksinasi yang dilakukan secara drive thru karena bisa berlangsung lancar dan tidak terjadi kerumunan yang berarti.

“Vaksinasi drive thru memang sudah banyak dilakukan, yang di UGM ini berjalan rapi, tidak banyak kerumunan dan sangat merakyat,” jelasnya.

Dari pantauan lapangan peserta vaksinasi drive thru datang dengan moda transportasi yang cukup beragam. Selain menggunakaan kendaraan bermotor ada pula peserta yang datang ke lokasi vaksin menggunakan sepeda kayuh dan berjalan kaki.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, Prof. Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto., menyampaikan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM ini merupakan bentuk nyata komitmen UGM mendukung percepatan vaksin di tanah air. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan cakupan vaksinasi sehingga segera terbentuk kekebalan kelompok.

“Dari kerja sama dengan TNI POLRI ini UGM mendapatkan jatah sebanyak 3.000 dosis vaksin.  Sebanyak 2.000 dosis pada 31 Juli dan 1 Agustus 2021 dan 1.000 dosis sisanya akan diberikan minggu depan,” ungkapnya.

Vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai ini telah dilaksanakan secara bertahap. Sebelumnya, sebanyak 500 mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM telah menerima vaksin dosis pertama pada 23 Juli 2021. Lalu, pada tanggal 24-25 Juli 2021 di GSP UGM juga telah dilaksanakan vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM. Dalam vaksinasi massal yang digelar atas kerja sama UGM dan OJK ini diikuti sebanyak 2.000 peserta.

Terkait vaksin bagi mahasiswa, Bambang menyebutkan penerima vaksin diprioritaskan bagi mahasiswa yang berada di area Yogyakarta dan harus mengikuti kegiatan di kampus seperti praktikum di laboratorium,  PPSMB, dan lainnya.

Vaksinasi drive thru juga telah dilaksanakan FKKKMK UGM sepanjang bulan Juli 2021. Program vaksinasi merupakan kerja sama antara FKKMK UGM, RSA UGM, serta RSUP Dr. Sardjito yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM serta kedepan akan dikembangkan bagi masyarakat secara umum. (ril/dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00