FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pedagang Sleman Divaksin, Tak Boleh Lalai Prokes

KBRN, Yogyakarta : Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi padagang pasar yang diselenggarakan, Sabtu (8/5/2021) siang, di Pasar Sambilegi, Maguwoharjo, Sleman. Vaksinasi dilakukan terhadap para pedagang, buruh gendong, petugas parkir hingga petugas keamanan di Pasar Sambilegi.

Kustini memantau kegiatan vaksinasi yang total diikuti 350 orang itu. Vaksinasi tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang dan pembeli.

“Selain itu, vaksinasi ini untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi,” ujarnya kepada awak media.

Meski telah divaksin, Kustini berpesan kepada para pedagang pasar untuk selalu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Ingat bapak dan ibu, jangan lupa protokol kesehatannya. Tetap perhatikan 3 M atau 5 M,” katanya kepada para penerima vaksin.

Sementara itu, Kepala Disperindag Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih, mengatakan, saat ini Pemkab Sleman telah menyelesaikan kegiatan vaksinasi di dua pasar, yakni Pasar Gentan dan Pasar Sambilegi. Sedangkan untuk pasar tradisional lainnya akan dilakukan penjadwalan pasca libur Lebaran.

“Untuk pasar lainnya akan dijadwalkan setelah Lebaran dan melihat persediaan vaksin Kabupaten Sleman,” tutur Mae Rusmi.

Dari data yang dihimpun Disperindag Sleman, saat ini sekitar 10.000 pedagang yang telah mendaftar program vaksinasi Covid-19. Pendaftar itu merupakan bagian dari sekitar 14.000 pedagang pasar yang ada di Kabupaten Sleman.

“Kami sampai saat ini sudah menerima pendaftaran kurang lebih 10.000 pedagang,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo mengatakan, sebelumnya Pemkab Sleman sudah melaksanakan vaksinasi sebanyak 200 pedagang di Pasar Gentan. Kegiatan vaksinasi dilanjutkan, Sabtu (8/5/2021) siang, di Pasar Sambilegi sebanyak 350 pedagang.

Kadinkes menyebutkan Pemkab Sleman akan kembali melakukan vaksinasi bagi padagang pasar setelah Idul Fitri. Di antaranya dengan mempertimbangkan persediaan vaksin yang dimiliki oleh Pemkab Sleman sendiri.

“Vaksinasi kepada pedagang pasar akan kembali dijadwalkan setelah Lebaran. Yang sudah kita siapkan seperti Pasar Cabongan, Pasar Sleman, Pasar Godean dan sebagainnya. Kita sesuaikan dengan stok vaksin yang kita punya,” tuturnya. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00