YHPI Ajak Masyarakat Kenali Hipertensi Paru

Webinar Yayasan Hipertensi Paru Indonesia

KBRN, Yogyakarta : Yayasan Hipertensi Paru Indonesia (YHPI) bekerjasama dengan PT Pfizer Indonesia menggelar Webinar Awam Awareness, mengangkat tema bahaya menggunakan obat pelangsing dan pengenalan hipertensi paru pada masyarakat. 

Ketua Yayasan Hipertensi Paru Indonesia (YHPI) Arni Rismayanti mengatakan, melalui webinar ini diharapkan masyarakat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Hipertensi Paru, dan berbagai macam faktor penyebabnya.

"Kami ingin memberikan informasi beberapa faktor yang menyebabkan hipertensi paru, termasuk dampak dari obat pelangsing," katanya kepada rri.co.id, Sabtu (8/5/2021).

Pihaknya menerangkan, ada beberapa faktor penyebab baik faktor internal (kelainan/disfungsi organ internal) ataupun faktor eksternal (obat-obatan ataupun zat yg dapat dikonsumsi lainnya).

"Informasi mengenai penyebab atau kondisi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya Hipertensi Paru juga penting untuk diketahui masyarakat sebagai upaya preventif,"jelasnya.

Arni juga menerangkan, tujuan acara ini adalah mengenalkan penyakit hipertensi paru dan berbagai gejalanya kepada masyarakat sehingga meningkatkan awareness terhadap hipertensi paru.

Selain itu pihaknya juga mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap penyakit Hipertensi Paru yang masih minim baik di kalangan umum maupun profesional medis.

"Deteksi dini atau (Early Detection) di kalangan masyarakat melalui pengenalan tanda dan gejala Hipertensi Paru dapat dilakukan sehingga mengurangi angka kesakitan dan mencegah keterlambatan proses penanganan," katanya.

Dalam webinar tersebut, YHPI mengadirkan Narasumber dianaranya dr. Dyah Wulan A, Ph.D, Sp.JP(K), FIHA dan dr. Arti Indira, M.Gizi, Sp.GK,FINEM.

Acara yang sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Hipertensi Paru Dunia yang jatuh pada 5 Mei 2021 ini mendapatkan respon baik dari masyarakat.

"Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat umum atau komunitas masyarakat umum, Caregiver pasien Hipertensi Paru dan para Anggota YHPI," terangnya. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00