Sosialisasikan Pendataan Keluarga 2021 Melalui Lagu

Potongan layar Drs. Mardiya diya

KBRN, Yogyakarta : Berbagai kreatifitas untuk menyampaikan pesan kepada orang lain agar informasi yang disampaikan cepat dan mudah dipahami.

Salah satu kreasi melalui syair diwujudkan Drs. Mardiya dan Adam Sugiharto, SE, MSi dalam mendukung keberhasilan pendataan keluarga 2021 untuk Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

"Pendataan Sukses, Pembangunan sukses, Negara juga akan sukses, wujudkan penduduk yang tumbuh seimbang rakyat adil makmud dan sentosa," potongan syair lagu Pendataan Keluarga 2021.

Melalui lagu Pendataan Keluarga 2021 yang memiliki berdurasi hampir 4 menit dan dinyanyikan penciptanya Drs. Mardiya beserta Lia Roes tersebut dimaksudkan untuk sosialisasi pendataan pada seluruh keluarga di Indonesia.

Drs. Mardiya mengatakan, beberapa lagu memang sudah diciptakan untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Betul, Khusus lagu pendataan keluarga untuk mensukseskan program pendataan keluarga BKKBN," katanya, Kamis (11/3/2021).

Pak Ndut sapaan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas PMD Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kulonprogo itu mengharapkan melalui sosialisasi dan edukasi yang ditorehkan dalam bentuk lagu dapat mudah dipahami dan diresapi masyarakat.

"Ingin mengembangkan model Komunikasi Informasi Edukasi program Bangga Kencana yang disukai masyarakat dan bisa menembus semua generasi, dari anak-anak sampai orang tua," imbuhnya.

Menurutnya, waktu penyusunan lagu yang diciptakan rata-rata memerlukan waktu 1 hari, sedangkan untuk penyusunan lagu Pendataan Keluarga dibuat hanya dalam waktu Satu jam.

Pendataan Keluarga 2021 rencananya akan mulau dilaksanakan pada 1 April-31 Mei 2021 dan dilakukan oleh kader petugas pendata BKKBN yang sudah terlatih serta penyuluh Keluarga Berencana di seluruh Indonesia.

Para petugas pendataan akan mengumpulkan data melalui wawancara maupun observasi terkait dengan kependudukan, data Keluarga Berencana dan data tentang pembangunan keluarga.

Sementara, melalui akun Youtube Drs. Mardiya diya, beberapa karya dapat dinikmati masyarakat diantaranya Airku, Tomira, Golek Jodho, maupun Akeh Godha. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00