Tiga Perampok Berebut Pucuk Pimpinan di RRI Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Yogyakarta bersama Keluarga Kesenian Jawa RRI Jogja kembali akan menyelenggarakan pergelaran kethoprak secara daring/virtual.

“Secara daring ini karena memang untuk pergelaran yang menghadirkan penonton secara langsung  belum memungkinkan untuk digelar di saat pandemik,” kata Sutradara Pentas sekaligus Penulis naskah, Sugiman Dwi Nurseto, kepada rri.co.id, Senin (20/7/2020).

Untuk bulan Juli 2020 ini pergelaran kethoprak virtual akan dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Juli 2020 mulai Jam : 13.00 WIB, menampilkan cerita ‘LULUH’, dengan penata iringan Ki Murjono dan Penata kostum  Lilik Agung Wibawa, SSn.

Menurut Sugiman, cerita ini mengisahkan 3 orang perampok bernama Bawor, Panjang dan Sungkur yang saling berebut kekuasaan, mereka merasa dirinya layak untuk menjadi pimpinan gerombolan rampok gunung Gambir, sampai ketiganya sepakat untuk mencari kekuatan/kesaktian sebagai sarat untuk menjadi ketua gerombolan.

Dalam perjalanan mencari kesaktian itu ketiganya menemui kejadian yang justru membuka hatinya utuk berhenti menjadi perampok dan kembali ke jalan hidup yang benar.

“Cerita sederhana yang sarat dengan pesan moral ini masih kami kemas dalam bingkai kethoprak Mataram Klasik/konvensional sebagai cirikhas Kethoprak RRI Yogyakarta,” pungkasnya. (ril/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00